Peristiwa Daerah

Pemkab Bondowoso Jamin Penerbitan KTP dan Akta Cukup 7 Menit

Jumat, 26 Mei 2017 - 22:14 | 154.04k
ILUSTRASI - Pengurusan KTP (Foto: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Pengurusan KTP (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso meluncurkan program Salam Tujuh Menit. 

Menurut Kepala Dispendukcapil Kabupaten Bondowoso, Abdul Muthalib, Salam Tujuh Menit adalah program penerbitan akta kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dengan waktu tujuh menit selesai.

Akta-kelahiran-2iVbUj.jpg

"Ini adalah inovasi dari Dispendukcapil Bondowoso, dimana dalam tujuh menit sudah dapat menerbitkan akta dan KTP Elektronik," ujar Thalib, Jumat (26/5/2017).

Untuk penerbitan akta kelahiran kata Thalib, warga dapat melaporkan via aplikasi chatting Whatsapp dengan nomor 083162963407. Setelah itu, mereka tinggal menyerahkan beberapa berkas penunjang. Inovasi ini diperuntukkan bagi masyarakat serta dalam rangka reformasi pelayanan di Bondowoso,

"Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi reformasi pelayanan Bondowoso," katanya.

Selain Salam Tujuh Menit, Dispendukcapil Bondowoso juga mempunyai program lain yakni Sistem Jemput Bola (Si Jempol). Lewat program ini, aparatur Dispendukcapil keliling desa, sekolah dan pondok pesantren (Ponpes) untuk mendata anak-anak yang belum mendapatkan akta. 

"Ini semua untuk memberikan kemudahan warga dalam mengurus dokumen kependudukan," tambah Thalib. 

Untuk keperluan mengurus Kartu Keluarga (KK), saat ini juga sudah bisa bisa dicetak di kantor kecamatan dan tidak perlu ke Dispendukcapil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES