Peristiwa Nasional Marhaban Ya Ramadhan

Usai Sidang Isbat, Menag Ucapkan Selamat Menunaikan Puasa Ramdhan

Jumat, 26 Mei 2017 - 21:56 | 19.15k
Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Syaifuddin Menggelar Konferensi Pers Usai Sidang Isbat Awal Ramdhan 1438 H di Auditorium HM Rasjidi Kemenag. (Foto: Istimewa)
Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Syaifuddin Menggelar Konferensi Pers Usai Sidang Isbat Awal Ramdhan 1438 H di Auditorium HM Rasjidi Kemenag. (Foto: Istimewa)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, bahwa kementeriannya menetapkan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Sabtu, (27/5/2017) besok. 

Menurutnya, keputusan ini diambil berdasarkan paparan dan penjelasan posisi hilal awal Ramadan 1438 Hijriyah oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama.

"Besok pagi Sabtu 27 Mei 2017 kita akan mengawali puasa di bulan ramadhan tahun ini," kata Lukman Hakim, Menteri Agama saat konprensi pers setelah ikut serta dalam sidang isbat di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Lukman mengatakan posisi hilal telah terlihat di empat titik yang ditentukan, yakni di Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Kepulauan Seribu, dan Jawa Timur.

"Ada empat daerah titik hilal yang kami ambil, NTB, Sulawesi Utara, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu, yang dilakukan oleh anggota yang sudah profesional," jelasnya.

Kata dia, berdasarkan hitungan, ketinggian hilal 8,51 derajat dan alokasi jarak 8,73 busur, serta umurnya 14:5:27 detik. Infomasi ini merupakan rukyah di mana hilal bisa dilihat atau tidak. Namun laporan yang masuk setidaknya ada empat titik melihat hilal. 

"Jadi bersepakat malam ini masuk 1 Ramadhan dan 27 Mei kita mengawal puasa di tahun ini." imbuhnya. 

Lukman menyebutkan, selain dari 4 daerah yang ditentukan, ada pula daerah lain yang turut menjadi faktor penentu hari pertama puasa dan bahkan dari daerah luar Indonesia.

"Mewakili pemerintah Indonesia, sebagai Menteri Agama saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan menjaga kesucian bulan ramadhan," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES