Peristiwa Daerah Marhaban Ya Ramadhan

Sambut Ramadhan, Ribuan Warga Riau Lakukan Tradisi "Balimau Kasai"

Jumat, 26 Mei 2017 - 23:16 | 136.07k
ILUSTRASI - Tradisi penyucian diri
ILUSTRASI - Tradisi penyucian diri "Balimau Kasai" di Sungai Kampar di Desa Batu Bola, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau (Foto: gapuranews)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ribuan warga memadati Sungai Kampar di Desa Batu Bola, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau untuk mengikuti tradisi penyucian diri yang disebut Balimau Kasai, Jumat (26/5/2017).

Balimau Kasai adalah acara mandi bersama di Sungai Kampar. Tradisi penyucian diri ini sudah jadi kegiatan rutin menjelang Ramadhan di beberapa kabupaten di Provinsi Riau.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang ikut hadir dalam acara tersebut mengharapkan agenda tersebut dapat dikemas menjadi acara provinsi.

"Ini sudah menjadi 'event' tahunan. Agar jadi lebih besar, nanti kita jadikan sebagai 'event' provinsi sehingga kita bisa mengundang masyarakat luar. Bila perlu kita datangkan Menteri Pariwisata," katanya, di Pekanbaru, Jumat (26/5/2017).

Menurutnya, kegiatan ini bukan sekedar ritual tapi juga menjadi atraksi wisata. Masyarakat datang bersama keluarga dengan penuh gembira. Banyak yang membawa ban sebagai pelampung saat mandi di Sungai Kampar.

Pada kesempatan itu, Gubernur bersama Bupati Kampar Azis Zainal serta sejumlah pejabat sempat berkeliling menggunakan "speedboat" menyaksikan masyarakat melakukan tradisi Balimau Kasai.

Di Riau terdapat empat sungai besar, yakni Sungai Kampar, Rokan, Siak dan Indragiri yang kaya akan tradisi.

"Dari empat sungai itu, Sungai Kampar termasuk yang masih terpelihara dengan baik," tambahnya.

Arsyadjuliandi yakin, "tag line" Riau yakni "Riau the homeland of Melayu" yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan pariwisata akan membuat provinsi ini semakin dikenal orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES