Peristiwa Internasional

Kemenlu Bahas Kunjungan Emir Qatar ke Indonesia

Jumat, 26 Mei 2017 - 16:44 | 46.90k
Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir. (Foto: Sebarr)
Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir. (Foto: Sebarr)

TIMESINDONESIA, LONDON – Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir melakukan kunjungan ke Qatar guna membahas rencana kunjungan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani ke Indonesia pada Oktober mendatang.

Minister Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan mengatakan Wamenlu dalam kunjungan kerjanya melakukan pertemuan dengan Menlu Qatar Sheikh Mohammed Bin Abdul Rahman Bin Jassim Al Thani pada Kamis, (25/5).

Dalam kesempatan ini Menlu Qatar didampingi Dubes RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi beserta Staff Ahli Bidang Diplomasi Ekonomi Ridwan Hasan serta Plh Direktur Timur Tengah Tri Wahyuni.

Dalam pertemuan itu juga dibahas persiapan substansi kunjungan guna memaksimalkan rencana kunjungan Emir ke Indonesia.

Untuk itu, Pemerintah Qatar akan mengirim Tim Pendahulu ke Indonesia pada bulan Agustus mendatang untuk melakukan finalisasi substansi yang akan ditandatangani dalam kunjungan Emir.

Fachir menyampaikan upaya Indonesia dalam membantu penyelesaian isu "Rakhine State" di Myanmar berupa "constructive engagement" termasuk diantaranya memberikan bantuan kemanusiaan seperti pembangunan sekolah dan rumah sakit di Myanmar.

Menlu Qatar menyampaikan apresiasi peran aktif Indonesia dalam isu di Myanmar dan menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama.

Terkait dengan Piala Dunia 2022, Wamenlu menyatakan kesediaan Indonesia untuk berpartisipasi guna membantu Qatar dalam mempersiapkan penyelenggaraan turnamen sepak bola akbar tersebut. Menlu Qatar menyambut baik usulan tersebut untuk dibahas.

Sebelumnya pada pertengahan tahun 2016, Qatar menjanjikan tambahan kuota tenaga kerja Indonesia atau TKI sebanyak 24 ribu pekerja dalam rangka persiapan pelaksanaan Piala Dunia 2022.

Hal itu disampaikan ketika Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam pertemuannya dengan Menteri Pembangunan Administrasi dan Urusan Buruh dan Sosial Qatar Dr Issa bin Saad al-Jafali al-Nuaimi ketika berkunjung ke Qatar.

Saat ini diperkirakan sekitar 40 ribu TKI bekerja di Qatar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES