Kesehatan

Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag

Jumat, 26 Mei 2017 - 06:13 | 41.98k
ILUSTRASI - Penderita Maag (Foto: aarhusosteopati)
ILUSTRASI - Penderita Maag (Foto: aarhusosteopati)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Puasa bagi penderita maag menjadi tantangan tersendiri. Penderita maag harus benar-benar memperhatikan cara dan asupan makan saat berpuasa. Hal ini agar penderita maag bisa menjalankan puasa dengan aman dan lancar. Berikut tips dari berbagai sumber bagi penderita maag agar lancar menjalankan ibadah puasa.

Selama berpuasa, penderita maag harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu semakin parahnya maag. Untuk makanan sebaiknya Anda menghindari makanan pedas, makanan yang mengandung banyak lemak, makanan dan buah yang asam.

Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung antara lain kue tart dan keju. Hindari juga sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, dan dodol.

Sementara itu, minuman yang harus dihindari bagi penderita maag yang berpuasa adalah minuman kopi atau minuman berkafein tinggi lainnya, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu full cream.

Penderita maag yang berpuasa dianjurkan makan makanan yang bisa dicerna lebih lambat pada saat sahur. Cara ini bisa membuat perut kenyang yang lama dan terhindar dari kelaparan saat puasa. Perlu diketahui makan sahur sangat penting bagi penderita sakit maag agar tidak kambuh.

Ketika berbuka, dianjurkan makan dengan perlahan dan porsi kecil. Jangan langsung makan dalam porsi besar karena bisa membuat perut kaget sehingga sakit maag bisa kambuh. Jika masih lapar, bisa makan lagi dalam porsi kecil setelah tarawih.

Makanan dan minuman lain yang diperbolehkan bagi penderita maag antara lain kurma, kacang almond, dan pisang. Dianjurkan penderita maag mengkonsumsi banyak air putih dan sebisa mungkin menghindari minum es ketika berbuka karena bisa membuat gangguan perut dan memperlambat pencernaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES