Gaya Hidup

Agar Tubuh Tak Lemas Saat Puasa, Lakukan Hal Ini

Jumat, 26 Mei 2017 - 07:35 | 44.32k
ILUSTRASI. (Foto: Suara)
ILUSTRASI. (Foto: Suara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjalankan puasa menjadi kewajiban umat muslim di bulan Ramadhan. Saat puasa, badan lemas menjadi keluhan sebagian besar orang. Namun sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan pola makan yang tepat. Berikut beberapa tips agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa.

1. Makan dengan Porsi Normal
Jangan makan sahur dengan porsi yang lebih banyak dari porsi makan Anda biasanya. Makan berlebihan justru akan membuat perut Anda kekenyangan dan merasa tidak nyaman. Selain itu, makanan yang masuk ke tubuh dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi.

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat
Saat sahur, biasakan konsumsi makanan berserat. Anda bisa mengkombinasikan antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga Anda tidak akan mudah lapar.

3. Minum Cukup Air Putih
Perbanyaklah minum air putih saat sahur agar Anda terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Selain itu, biasakan minum minuman manis saat berbuka puasa. Hal ini karena minuman manis dapat menggantikan energi yang hilang dalam waktu yang cepat.

4. Jangan Makan Terburu-Buru
Mengunyah makanan terlalu cepat akan membuat kadar gula dalam darah terganggu. Hal ini mengakibatkan beberapa jam saja setelah sahur perut Anda sudah akan merasa lapar. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat kita makan terlalu cepat. Akibatnya, proses penyerapan nutrisi oleh tubuh kurang sempurna sehingga Anda pun akan cepat merasa lemas.

5. Konsumsi Makanan Berprotein
Memperhatikan asupan gizi saat puasa menjadi hal yang sangat penting, termasuk memperhatikan asupan protein. Mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan, ayam, telur, dan tahu membantu tubuh lebih berenergi. Kurangnya asupan protein dapat membuat tubuh cepat lemas dan lesu.

6. Konsumsi Karbohidrat Kompleks
Selain protein, tubuuh juga memerlukan zat makanan lain seperti karbohidrat kompleks. Saat sahur, perbanyaklah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Jenis makanan tersebut akan dicerna lebih lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan, sehingga perut pun akan merasa kenyang lebih lama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES