Peristiwa Daerah

Gerakan Nasional 100 Smart City, Banyuwangi Sambut dengan Inovasi IT

Rabu, 24 Mei 2017 - 08:19 | 52.97k
Bupati Anas memimpin rapat koordinasi di kawasan villa Pantai Solong Banyuwangi. (Foto : Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Bupati Anas memimpin rapat koordinasi di kawasan villa Pantai Solong Banyuwangi. (Foto : Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usai ditetapkan sebagai salah satu dari 25 daerah pilot project Gerakan Menuju 100 Smart City, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) menggenjot inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi (rakor) terbuka seluruh pimpinan SKPD dan Camat di Villa Pantai Solong, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (23/5/2017).

"Presiden Jokowi mengatakan transformasi daerah menjadi Smart City sudah bukan lagi menjadi pilihan, itu adalah sebuah kewajiban. Karena inilah yang akan mempercepat kerja dan pelayanan yang kita lakukan bagi masyarakat," kata Anas.

Anas mengatakan saat ini Banyuwangi telah menjadi kabupaten yang menjadi jujugan banyak daerah sebagian lokasi studi tiru pelayanan publik dan kerja birokrasi berkat inovasi Smart Kampung yang digagasnya. Contoh pengembangan yang dimaksud, untuk mengatasi terbatasnya jumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) bisa membangun sistem pengawasan melalui pemasangan cctv di berbagai kawasan vital yang terhubung secara online.

"Kita terapkan program setiap penerbitan IMB kini harus memasang satu CCTV di depan bangunannya. Sistim ini nanti akan kami koneksikan dengan kepolisian untuk pemantauan jalan dan pusat komando pemkab," jelas Anas.

Dicontohkan pula pemanfaatan TIK untuk membangun data ketenagakerjaan yang bisa diakses baik pencari maupun penyedia lapangan kerja. Begitu pula di bidang lingkungan, Anas meminta agar TIK bisa membantu mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih.

“Intinya, inovasi disini bukan berarti membuat program baru dengan anggaran baru, tapi melakukan sistematisasi kerja secara lebih efisien dan terukur. Lewat kerja yang smart dengan memanfaatkan TIK,” ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES