Peristiwa Daerah

Hadapi Evaluasi, Pemkab Banyuwangi Gelar Review Laporan

Selasa, 23 Mei 2017 - 22:43 | 28.24k
Gunawan sampaikan materi review LPPD pada ratusan perwakilan SKPD Banyuwangi  (Foto : Ahmad Suudi/ TIMES Indonesia)
Gunawan sampaikan materi review LPPD pada ratusan perwakilan SKPD Banyuwangi (Foto : Ahmad Suudi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menyerahkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016, pada proses Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Provinsi Jawa Timur tahun 2017, Maret lalu.

Laporan itu kini berada di desk evaluasi Pemprov Jatim, yang hasilnya akan dikonfirmasi kepada Pemkab Banyuwangi sekitar Juli mendatang. Untuk itu, Direktur Jenderal Otonom Daerah (Ditjen Otda) diundang ke Banyuwangi dalam review laporan untuk menghadapi proses konfirmasi laporan bersama Pemprov Jatim kelak.

“Acara diikuti perwakilan semua SKPD, Kecamatan, Kelurahan juga seluruh kantor badan, dinas dan bagian di seluruh Kabupaten Banyuwangi. Harapannya rencana, program, target, capaian, kinerjanya bagaimana itu nanti dievaluasi bersama dengan data yang cukup,” kata Nurhadi, Kabag Pemerintahan Pemkab Banyuwangi, Selasa (23/5/2017).

Sementara itu, Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Direktorat Jendral Otonom Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Gunawan mengatakan, pihaknya datang ke Banyuwangi, dalam tugas mengevaluasi laporan daerah-daerah di seluruh Indonesia.

“Tugas yang mengevaluasi adalah provinsi, jadi kami tim nasional menjadi bertugas melakukan pembinaan di setiap daerah untuk membuat laporan capaian kinerja, pelaksanaan, urusan itu maksimal,” kata Gunawan, di acara yang digelar di Ijen Ballroom, Hotel Santika Banyuwangi itu.

Dia menjelaskan, LPPD Banyuwangi tahun 2016 yang telah diserahkan kepada Pemprov Jatim, harus didukung bukti dan data yang mencukupi. Karena saat konfirmasi bersama nanti, dibutuhkan data-data akurat sebagai penyokong LPPD, termasuk data tambahan dari yang sudah dilaporkan bila ada.

“Misal di LPPD tertulis rumah dengan IMB mencapai 80 persen, namun ternyata ada peningkatan hingga 90 persen, bisa dijelaskan di forum konfirmasi itu. Ada form tertentu yang bisa diisi dengan data akurat yang siap dipertanggungjawabkan pimpinan instansi terkait,” papar Gunawan lagi.

Dikatakannya Kabupaten Banyuwangi mendapat nilai baik dalam EKPPD Pemprov Jatim tahun lalu. Dengan review yang digelar hari ini pihaknya turut berharap EKPPD tahun ini, LPPD Banyuwangi kembali mendapat nilai bagus

“Kalau masih ada yang bolong, kita siapkan data sekarang, nanti waktu ditanya di provinsi, o ini sudah ada,” kata Gunawan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES