Pendidikan MTQ Mahasiswa Nasional 2017

Akhmad Muwafik: MTQ MN Digelar untuk Mewujudkan Prinsip Pendidikan Nasional

Selasa, 23 Mei 2017 - 21:20 | 244.87k
ILUSTRASI: Logo MTQ. (Foto: Universitas Negeri Malang)
ILUSTRASI: Logo MTQ. (Foto: Universitas Negeri Malang)
FOKUS

MTQ Mahasiswa Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional akan segera digelar di Malang, Jawa Timur. Dipercaya oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEK dan DIKTI) sebagai pelaksana adalah Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM).

Seperti di lansir dari website resmi MTQ Mahasiswa Nasional XV tahun 2017, bahwa yang melatar belakangi digelarnya acara tersebut dilandasi dengan tujuan Pendidikan Nasional, sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Amanat dari tujuan Pendidikan Nasional itu adalah untuk mencetak manusia Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, serta sehat jasmani dan ruhani.

Selain itu, untuk pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, termasuk bina mental-spiritualnya. Hal itu hanya dapat diwujudkan melalui metode, strategi, dan kegiatan yang tepat dan bernilai manfaat.

Mahasiswa, sebagai generasi penerus masa depan bangsa, merupakan sumber daya manusia yang perlu ditempa dengan baik dan serius, tidak hanya sebatas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologinya, akan tetapi juga pengembangan karakter dan kepribadiannya. 

"Salah satu kegiatan yang dipandang strategis untuk mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan Pendidikan Nasional di atas adalah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional," jelas Ketua Panitia, Akhmad Muwafik Saleh.

Dalam konteks itulah, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEK dan DIKTI) bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan even akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017.

Melalui MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 diintegrasikan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak calon pemimpin Indonesia yang cerdas dan bermoral demi mewujudkan "Baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur".

MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional XV tahun 2017, akan berlangsung 28 Juli-04 Agustus 2017. Detail jadwalnya adalah:

26-27 Juli 2017: Kedatangan kafilah di Kota Malang
28 Juli 2017: Pembukaan MTQMN XV Tahun 2017
29 Juli-2 Agustus 2017: Pelaksanaan Musabaqah (lomba)
3 Agustus 2017: Penutupan MTQMN XV Tahun 2017
4 Agustus 2017: Pelepasan dan kepulangan kafilah

Adapun tujuan dari MTQ Mahasiswa Nasional XV antar perguruan Tinggi se‐Indonesia Tahun 2017 adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al Qur'an.

Selainitu juga untuk meningkatkan Syiar dan Ukhuwwah Islamiyah antarperguruan tinggi se-Indonesia dan melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia.

Adapun tema kali ini adalah "Melalui MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 kita integrasikan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak calon pemimpin Indonesia yang cerdas dan bermoral demi mewujudkan baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur"(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES