Pendidikan

Wow! Mahasiswa UB Ubah Buah Naga Jadi Alat Kosmetik

Selasa, 23 Mei 2017 - 18:47 | 297.73k
Mahasiswa Jurusan Agribisnis UB menunjukan produk lipstik dari buah naga yang dipmerkan pada Festival Brawijaya Agribisnis di Matos, Selasa (23/5/2107). (Foto: Senda/TIMES Indonesia)
Mahasiswa Jurusan Agribisnis UB menunjukan produk lipstik dari buah naga yang dipmerkan pada Festival Brawijaya Agribisnis di Matos, Selasa (23/5/2107). (Foto: Senda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Biasanya, buah digunakan sebagai bahan dasar dessert atau es yang segar. Tapi, di tangan mahasiswa Agribisnis Universitas Brawijaya (UB), buah naga diubah menjadi salah satu alat kosmetik, lip tint. 

Lip tint merupakan lip product dengan bentuk seperti liquid lipstick namun tidak mengandung lilin dan warnanya lebih tahan lama.

Produk kecantikan yang dilabeli nama Moi Liptint ini terbuat dari air perasan buah naga dan juga beberapa bahan pembuat lip tint lainnya. 

lipstik-buah-naga-2FrQS.jpgLip tint berbahan dasar buah naga produksi mahasiswa Agribisnis UB. (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia)

Salah satu pembuat produk ini, Lady Christi, menjelaskan, bahan tambahan yang digunakan adalah Xhantan Gum yang berguna mengentalkan bahan, Butylene Glycol untuk melembabkan, anti jamur, pigmen dan flavor aroma kue. 

"Setelah buah naga dikupas, kami haluskan dan airnya diperas. Kemudian bahan itu semua dicampur dan diberi air," beber mahasiswi cantik asal Bali itu.

Setelah semua bahan diaduk, diberi tambahan emulsifier agar lebih mencampur. 

"Bahan-bahannya tidak kami rebus, dicampur biasa. Baru setelah tercampur semua, dikemas di kemasan lip tint," kata Lady kepada TIMES Indonesia, Selasa (23/4/2017). 

Meskipun menggunakan bahan pembuat lip tint, dia mengaku hanya 1 persen dari total kebutuhan, sisanya​ sebanyak 99 persen dari buah naga dan air. 

"Kami ada formula​ sendiri, hanya 1 persen penggunaannya," tegas dia.

Satu kemasan lip tint itu dibanderol dengan harga Rp 35 ribu, selama dua hari sudah laku terjual 31 biji. Dia mengaku mengalami kendala untuk mendapatkan kemasan lip tint yang harus dibeli dari supplier di Surabaya.

Namun, rencananya, kelompok mahasiswa itu akan meneruskan usaha lip tint buah naga, apalagi pangsa pasar bagus dan respon positif. 

Lady menjelaskan, dalam memproduksi Moi Liptint, dia tidak sendirian melainkan bersama empat temannya. Mereka adalah Aditya Indra, Sevtia Anita, Erma Yanti dan Nathalia Cyntia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES