Peristiwa Nasional

Sidang Isbat Jumat, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadhan di 77 Titik

Selasa, 23 Mei 2017 - 10:01 | 53.16k
Ilustrasi pemantauan hilal
Ilustrasi pemantauan hilal

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Demi menentukan awal Ramadhan 1438 H, Kementerian Agama menyiapkan pemantauan hilal di 77 titik seluruh Indonesia.

"Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, M Thambrin di Jakarta.

Dari pantauan tersebut, Kemenag kemudian akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1438H pada Jumat, 26 Mei 2017 mendatang. Sidang akan dilaksanakan di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin Nomor 6 Jakarta mulai pukul 17.00 WIB.

Rencananya, sidang isbat akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat dan sejumlah tokoh Islam. Agenda nantinya diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Setelah shalat Magrib berjamaah, sidang isbat dilanjutkan dengan pembukaan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

Seusai sidang isbat, hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES