Kesehatan

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Selasa, 23 Mei 2017 - 09:21 | 54.10k
Dokter Bintari Wuryaningsih, Dokter Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
Dokter Bintari Wuryaningsih, Dokter Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan, dimana kita sebagai umat Rasulullah SAW akan menjalankan ibadah puasa yang diiringi dengan serangkaian ibadah selama sebulan lamanya.

Bagi insan yang menjalankan puasa pasti membutuhkan kondisi tubuh yang fit agar bisa menjalankan ibadah dengan lancar.

Pada tulisan kali ini, saya sampaikan tips-tips kesehatan yang diperlukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Khususnya bagi masyarakat yang memiliki penyakit tertentu.

Pertama, bagi penderita penyakit Diabetes Mellitus, hendaknya kadar gula darah terkontrol dengan baik sebelum memasuki bulan Ramadhan. Sebaiknya konsultasikan kadar gula darah ke dokter yang biasa menangani penyakit anda.

Kedua, bagi yang memiliki penyakit Maag, sebaiknya perhatikan kondisi lambung agar tidak kambuh saat memasuki bulan Ramadhan.

Untuk itu, sebaiknya hindari makanan pedas dan asam. Saat berbuka Puasa Ramadhan lebih baik tidak makan secara berlebihan yang bisa mengakibatkan meningkatnya produksi asam lambung.

Ketiga, beristirahatlah yang cukup karena saat sahur dan ibadah Shalat Tarawih dan Tadarus, membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Jika kita memiliki waktu senggang di siang hari, maka manfaatkan sebaik-baiknya untuk beristirahat agar kondisi tubuh tidak kelelahan.

Keempat, minumlah cairan yg cukup. Di Indonesia kita menjalankan puasa selama 18 jam. Sehingga dibutuhkan cairan yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan cairan.

Tubuh membutuhkan cairan kurang lebih 2 liter dan bisa dibagi menjadi beberapa kali minum diantara waktu berbuka hingga sahur. Dengan demikian, kebutuhan cairan bisa tercukupi. Apabila kebutuhan cairan tidak terpenuhi, dikhawatirkan terjadi infeksi pada saluran kemih atau dinamakan infeksi saluran kemih (ISK).

Kelima, perbanyak makanan berserat. Makanan berserat selain bisa menunda rasa lapar juga sangat baik untuk pencernaan, sehingga sangat baik dikonsumsi selama bulan suci Ramadhan. Contohnya, sayur dan buah-buahan segar.

Keenam, selama Ramadhan, olahraga masih bisa dilakukan sejauh tidak terlalu menguras energi. Olahraga dapat dilakukan pada sore hari saat menjelang buka puasa.

Demikian tips sehat menjelang bulan suci Ramadhan dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika kita memaknai keutamaan bulan suci Ramadhan, pasti kita ingin semua bulan adalah bulan Ramadhan.

Atas ridha Allah, semoga Ramadhan kali ini bisa kita jalani dengan sebaik-baiknya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES