Peristiwa Nasional

Di Arab Saudi, Jokowi Paparkan Empat Solusi Lawan Radikalisme

Senin, 22 Mei 2017 - 19:08 | 37.96k
Presiden Joko Widodo di tengah pemimpin negara peserta KTT Arab Islam Amerika (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo di tengah pemimpin negara peserta KTT Arab Islam Amerika (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Presiden Joko Widodo menyampaikan empat solusi terkait radikalisme dan terorisme dalam acara Arab Islamic America Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islam Amerika.

Dalam sambutannya pada acara di Conference Hall King Abdulaziz Convention Center, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (21/5/2017), presiden membeberkan solusi pertama adalah umat Islam sedunia harus bersatu untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah.

"Persatuan umat Islam merupakan kunci untuk keberhasilan memberantas terorisme; janganlah energi kita habis untuk saling bermusuhan," tegasnya.

Solusi kedua di mata presiden adalah kerja sama pemberantasan radikalisme dan terorisme harus ditingkatkan, termasuk pertukaran informasi intelijen, pertukaran penanganan FTF (Foreign Terrorist Fighters) dan peningkatan kapasitas.

"Semua sumber pendanaan harus dihentikan kita semua tahu banyaknya dana yang mengalir sampai ke akar rumput di banyak negara dalam rangka penyebaran ideologi ekstrem dan radikal. Semua aliran dana harus dihentikan," imbuhnya.

Sementara solusi ketiga yakni upaya menyelesaikan akar masalah harus ditingkatkan, ketimpangan dan ketidakadilan harus diakhiri. Salah satunya dengan pemberdayaan ekonomi yang inklusif  harus diperkuat

Sedangkan solusi keempat adalah setiap orang harus berani menjadi part of solution dan bukan part of problem dari upaya pemberantasan terorisme. "Setiap dari kita harus dapat menjadi bagian upaya penciptaan perdamaian dunia," tutup presiden. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES