Peristiwa Internasional

Delapan Jam Dilantik, Luhut Kunjungi Presiden Baru Timor Leste

Sabtu, 20 Mei 2017 - 22:59 | 53.49k
Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan saat mengunjungi Presiden Timor-Leste Francisco Guterres Lú-Olo di Istana Kepresidenan, Taci Tolu, Dili (20/5/2017). (Foto: kemlu)
Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan saat mengunjungi Presiden Timor-Leste Francisco Guterres Lú-Olo di Istana Kepresidenan, Taci Tolu, Dili (20/5/2017). (Foto: kemlu)

TIMESINDONESIA, TIMOR LESTE – Delapan jam setelah dilantik, Presiden Timor-Leste Francisco Guterres Lú-Olo menerima Kunjungan Kehormatan Utusan Khusus Presiden RI Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan di Istana Kepresidenan, Taci Tolu, Dili (20/5/2017).

Pertemuan yang berlangsung pukul 08.00-08.15 itu merupakan kali pertama Francisco Guterres menerima tamu sebagai Presiden Timor-Leste. 

Luhut mewakili pemerintah Indonesia mengucapkan selamat atas pelantikan Francisco Guterres Lú-Olo sebagai Presiden RDTL yang baru. Luhut juga menyampaikan undangan dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Francisco untuk berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. Undangan itu pun disambut baik oleh Presiden Francisco.

Dalam pertemuan itu, keduanya menegaskan kembali komitmen untuk meningkatkan kemakmuran rakyat kedua negara dalam semangat persaudaraan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menko Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Utusan Khusus untuk menghadiri pelantikan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste (19/5/2017).

Francisco Guterres Lú-Olo  merupakan Ketua Partai Fretilin yang memenangkan pilpres dalam satu putaran bulan Maret 2017 dengan perolehan 57% suara dari 8 calon yang bersaing. Ia menggantikan presiden terdahulu, Taur Matan Ruak.

Upacara pelantikan dimulai pada 19 Mei 2017 pukul 23.45 dan dilanjutkan dengan acara Peringatan Restorasi Kemerdekaan Timor-Leste ke-15, pada 20 Mei 2017 dini hari.

Upacara pelantikan tersebut dihadiri oleh pejabat dan publik Timor-Leste, serta masyarakat  internasional pada tingkat Kepala Negara. Tampak hadir PM Mozambique dan Gubernur Jenderal Australia serta para utusan khusus setingkat menteri dari sejumlah negara antara lain China, Laos, Jepang, Thailand, Brazil, dan Angola serta kalangan korps diplomatik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES