Peristiwa Nasional

Kemenhub Angkut 208 Ribu Pemudik Gratis

Jumat, 19 Mei 2017 - 21:22 | 21.19k
ILUSTRASI: Pemudik. (Foto: go.co)
ILUSTRASI: Pemudik. (Foto: go.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tahun ini kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi para pemudik Lebaran 2017. Ada 208.435 penumpang dan 44.721 sepeda motor yang akan diangkut dalam program mudik gratis kerja sama antara Kementerian Perhubungan, BUMN, dan mitra kerja ini.

“Jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan yaitu naik 57% untuk jumlah penumpang, dan naik 155% untuk jumlah sepeda motor, dengan total anggaran sejumlah Rp 90 miliar,” jelas Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Oleh karena itu, Menhub menghimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh. Tapi menggunakan fasilitas mudik gratis ini.

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani oleh 2 ferry yaitu KMP Jatra Tiga dengan tujuan Lampung dan KMP Sebuku dengan tujuan Semarang. Motor yang akan diangkut 2 ferry tersebut, menurut Budi, sebanyak 5.000 dan 10.000 penumpang.

Sedangkan moda laut, akan dilayani tiga kapal Ro-Ro menuju Semarang. Kapal ini akan mengangkut 16.000 sepeda motor dan 32.000 penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

“Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Karena itu kami imbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis,” ujar Budi.

Kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat dari Jakarta sebanyak 29 kota. Yakni, Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, dan sejalur. Moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung. Sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES