Kalimantan Selatan

Operasi Patuh Intan 2017, Keluar 6.200 Tilang

Jumat, 19 Mei 2017 - 10:07 | 29.66k
ILUSTRASI: Operasi Patuh Intan 2017. (Foto: Newsth)
ILUSTRASI: Operasi Patuh Intan 2017. (Foto: Newsth)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hingga hari ke-10 pelaksanaan Operasi Patuh Intan 2017, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah mengeluarkan sekitar 6.200 surat tilang. Diharapkan operasi  yang tinggal 4 hari ini, penertiban bisa lebih dimaksimalkan.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan Sik di Banjarmasin, Kamis (17/5/2017) mengatakan, pihaknya akan terus melakukan gelar razia lalu lintas diseluruh wilayah Polda Kalsel meski program operasi sudah selesai.

"Dari data per 10 hari ini, sudah sekitar 6.200 lebih pelanggar lalu lintas se-Kalsel yang terjaring razia dan diberikan sanksi tegas berupa tilang," ujar Zulpan.

 Dalam kegiatan razia, petugas sudah menerapkan penindakan dengan sistem elektronik tilang (e-tilang ). Pengendara yang melanggar akan membayar denda langsung ke bank yang ditunjuk pihak kepolisian. Dengan sistem e-tilang  praktik pungutan liar (Pungli) bisa diminimkan atau dihilangkan. Karena  tidak ada lagi hubungan langsung  pembayaran denda  antara masyarakat dan petugas.

Zulpan mengatakan,  untuk Banjarmasin, kegiatan razia lalu lintas itu dilakukan secara gabungan bersama Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin, Dit Sabhara, Sat Sabhara dan Satuan Intelkam. 

Kegiatan razia terhadap kendaraan roda dua dan roda empat itu berlokasi di Jalan Pengeran Samudera, Banjarmasin Tengah, pada Kamis pagi, sekitar pukul 09.00 WITA hingga pukul 10.00 WITA.  Pengendara roda dua yang diberikan sanksi tegas berupa tilang karena tidak memiliki SIM dan tidak membawa STNK saat berkendara di jalan raya.

Dalam razia itu polisi masih memberikan tindakan toleransi atau simpatik terhadap pelanggar seperti anak kecil yang dibonceng tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu utama sepeda motor serta helm yang tidak terpasang .

Zulpan juga mengatakan, selama Operasi Patuh Intan 2017 dilaksanakan, pihaknya akan lebih meningkatkan lagi soal penindakan di jalan raya untuk menyandarkan para pengendara terhadap penting dan taat berlalu lintas demi keselamatan bersama.

Zulpan berharap dengan adanya operasi Patuh Intan, diharapkan para pengendara agar nantinya tertib berlalu lintas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES