Kesehatan

Jangan Buka Puasa dengan Teh

Selasa, 16 Mei 2017 - 17:00 | 47.83k
Minuman teh yang tidak dianjurkan diminum saat berbuka puasa (Foto: tribun)
Minuman teh yang tidak dianjurkan diminum saat berbuka puasa (Foto: tribun)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Waktu berbuka puasa adalah moment yang paling nikmat, dimana Anda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman untuk mengambalikan energi yang selama satu hari berpuasa. Apalagi bila minum-minuman manis seperti teh manis atau minuman yang manis lainnya.

Ahli gizi tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsi teh manis saat berbuka puasa, karena kandungan dalam teh hanya mengandung surkosa saja.

"Tidak cocok, teh manis hanya mengandung surkosa saja. Salah jika berbuka puasa dengan teh manis, apalagi dengan menambahkan gula dengan berlebih," ungkap Rita Ramayulis DCN, M.Kes, hal dalam acara Ramadhan Sehat dan Praktis bersama Philips di Jakarta, Senin, (15/5/2017) kemarin.

Tubuh disaat berpuasa memerlukan surkosa, glukosa dan fruktosa. Maka saat berbuka tidak cukup jika hanya mengkonsumsi teh saja, sebab dalam kondisi ini tubuh memerlukan kadar gula yang cukup hingga kembali stabil.

Mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa sangat dianjurkan sebab, kandungan dalam kurma terdapat surkosa, glukosa dan fruktosa. Selain itu juga kandungan lain seperti serat, kalium, potassium dan vitamin A juga ada.

"Konsumsilah kurma basah, bila tidak ada kurma kering. Sebab satu biji kurma mengandung itu semua, maka dapat menaikkan kadar gula sekaligus menstabilkan," imbuhnya.

Menjadi perhatian lagi yaitu cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa harus segera diganti, maka bisa diganti dengan air kelapa karena mengandung cairan dan elektrolit.

Tambahan makanan lain yang bisa pengganti kurma yaitu pisang, pepaya dan semangka. Sebab buah tersebut juga mengandung serat, fruktosa, glukosa, kalium dan vitamin A," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES