Peristiwa Daerah Dari Desa untuk Indonesia

Desa Tamansari Banyuwangi Raih Desa Wisata Award Kemendes

Senin, 15 Mei 2017 - 20:27 | 41.01k
Menteri Desa menyerahkan Desa Wisata Award kepada Plt Dinas PMD Zen Kostolani (Foto: Istimewa)
Menteri Desa menyerahkan Desa Wisata Award kepada Plt Dinas PMD Zen Kostolani (Foto: Istimewa)
FOKUS

Dari Desa untuk Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Desa Tamansari di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur meraih 'Desa Wisata Award' dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT). Desa di lereng Gunung Ijen tersebut tersebut menjadi desa wisata terbaik dalam kategori pemanfaatan jejaring bisnis.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan terima kasih kepada Kemendes PDT atas apresiasi terhadap geliat Desa Tamansari yang memang menjadi salah satu desa wisata unggulan Banyuwangi.

"Kerja keras teman-teman di Desa Tamansari memang luar biasa. Selain wisata, desa tersebut juga menjadi rintisan awal program Smart Kampung di Banyuwangi yang mendorong berbagai kegiatan kreatif dan pelayanan berbasis teknologi informasi," kata Anas, Senin (15/5/2017).

Lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Desa Tamansari mengembangkan usaha homestay atau rumah singgah bagi wisatawan.  Bumdes juga telah mengembangkan sejumlah usaha bertolak dari potensi setempat seperti usaha madu, kendaraan wisata, jasa guide, serta sejumlah usaha berskala kecil-menengah.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa Eko P. Sandjojo kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Banyuwangi, Zen Kostolani di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, Sabtu (13/5/2017) malam.

Zen Kostolani mengatakan, di Banyuwangi terdapat 10 desa wisata desa yang telah berkembang. Pemkab Banyuwangi juga menggandeng dunia usaha, baik swasta maupun BUMN, untuk memberdayakan komunitas di sejumlah desa wisata secara bertahap.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES