Kesehatan

Dengan Bumbu Dapur ini,  Bye Kaki Pecah-pecah

Senin, 15 Mei 2017 - 04:11 | 141.75k
ILUSTRASI - Tips atasi kaki pecah-pecah menggunakan air mawar dan gliserin (Foto: elevenia, defymedia)
ILUSTRASI - Tips atasi kaki pecah-pecah menggunakan air mawar dan gliserin (Foto: elevenia, defymedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cuaca panas, dan sering kontak dengan air deterjen merupakan beberapa penyebab kaki pecah-pecah. Kondisi ini sangat tidak nyaman, terasa kasar, bahkan perih. 

Untuk mengobatinya dapat menggunakan bahan alami yang sering ditemukan di dapur Anda. 

1. Lemon dan garam
Rendam kaki Anda di dalam air hangat yang di campur dengan perasan lemon dan garam. Lemon diketahui mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit. Sedangkan garam dapat mencegah segala infeksi.

2. Air mawar dan gliserin
Oleskan campuran air mawar dan gliserin pada bagian tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama satu malam, dan Anda akan bangun dengan kaki yang lembut di pagi hari.

3. Minyak sayur
Gunakan minyak sayur sebagai pelembab untuk mengobati tumit Anda yang pecah-pecah. Anda juga bisa menggunakan olive oil, minyak kelapa atau minyak almond. Minyak ini akan meresap jauh ke dalam kulit dan meningkatkan kelembaban.

4. Neem (Mimba)
Haluskan daun mimba dan kunyit secukupnya. Lalu oleskan adonan pada tumit kaki Anda. Neem diketahui memiliki fungsi antijamur dan membantu menyingkirkan semua bakteri penyebab infeksi. Kunyit juga dapat membantu mengurangi peradangan.

5. Tepung beras dan madu
Scrub tepung beras dan madu dapat menghilangkan kulit tumit pecah-pecah Anda seketika.
Madu berfungsi sebagai pelembab pada kaki Anda. Sedangkan tekstur kasar dari tepung beras, membantu menghapus kulit yang retak pada kulit Anda.

6. Cuka
Rendam kaki Anda pada air hangat yang sudah di campur dengan cuka selama beberapa menit untuk melembutkan kulit mati. Kemudian gosok dengan batu apung agar kulit mati terangkat. Setelah itu oleskan pelembab pada kulit Anda.

7. Minyak mustard
Pijat tumit Anda dengan minyak mustard sesaat sebelum Anda tidur. Lalu gunakan kaus kaki agar hasilnya maksimal. Dan kaki Anda akan jauh lebih baik di pagi hari.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES