Peristiwa Daerah

250 Peserta Ikuti Lintas Alam dan Edukasi Biota PT Pupuk Katim

Minggu, 14 Mei 2017 - 22:04 | 62.89k
Manajer LH Pupuk Kaltim Endang P melepas peserta lomba lintas alam dan edukasi biota di Taman Wanatirta, Minggu (14/5/2017).(foto: Kusnadi/Bontang Times)
Manajer LH Pupuk Kaltim Endang P melepas peserta lomba lintas alam dan edukasi biota di Taman Wanatirta, Minggu (14/5/2017).(foto: Kusnadi/Bontang Times)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 250 peserta mengikuti lomba lintas alam dan edukasi biota wanatirta di Taman Penghijauan Wanatirta, Minggu (14/5/2017). Lomba ini diadakan oleh PT Pupuk Kaltim sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Manager Lingkungan Hidup PT Pupuk Kaltim, Endang Murtiningsih menjelaskan, lomba lintas alam tersebut diikuti oleh perwakilan departemen, anak perusahaan dan kelompok pencinta alam yang ada di lingkungan  perusahaan. 

Setiap regu terdiri atas 5 orang akan dilakukan penilaian atas setiap tantangan  yang telah diberikan panitia.

Pupuk-Kaltim-be2W8M.jpgKegiatan menamam pohon di taman Wanatirta dalam rangkaian lomba lintas alam dan edukasi biota yang digelar PT Pupuk Kaltim, Minggu (14/5/2017).(foto: Kusnadi/Bontang TIMES)

Tugas peserta tidak berhenti sampai disitu peserta wajib menyetor foto selfie yang bercirikan alam serta mengisi form pertanyaan yang disiapkan panitia dengan baik dan benar.

“Peserta berjumlah kurang lebih 250 orang,  dengan setiap regu sebanyak 5 orang. Total regu yang ikut sebanyak 35 regu. Sedangkan sisanya perorangan," ucapnya kepada Bontang TIMES.

Endang menjelaskan, peserta melahap jalur sejauh 3 kilometer. 
"Peserta akan melewati beberapa pos untuk melapor dan menyampaikan  yel yel, melakukan penanaman pohon ditempat yang telah siapkan panitia,” jelas ibu yang gemar olahraga ini.

Lomba lintas alam kali ini dimenangkan oleh grup 10 ceria dari PIKA PKT, pemenang kedua oleh grup 3 dari KJS dan  grup 15 dari kelompok pencinta alam.

Sementara itu, GM operasi 1 Herri Subagyo dalam sambutanya mengatakan, Pupuk Kaltim memiliki komitmen untuk melindungi lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati. "Ini dibuktikan dengan penerapan sistem manajemen lingkungan yang telah tersertifikasi ISO 14001:2004, ucapnya.

Herri mengatakan, dipilihnya taman Wanatirta sebagai lokasi lomba dikarenakan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya sehingga peserta bisa belajar mengenai keragaan biota di taman tersebut.

Sebagai informasi, Taman Wanatirta terdapat 305 jenis vegetasi. Sebanyak 60 jenis, termasuk dalam Redlist IUCN dengan satu jenis kategori EW (Extint in the Wild), 16 jenis CR (Critically Endangered),10 jenis kategori EN (Endangered), 10 jenis masuk kategori VU (Vulnerable) dan sisanya 20 jenis termasuk kategori Lr/Lc (Lower risk/Least concern).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES