Pendidikan

Wow, Guru dari Korsel Mengajar di SDN Model Banyuwangi

Minggu, 14 Mei 2017 - 09:15 | 188.98k
Shin Yosep dan AN Yuri saat memberikan sambutan (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)
Shin Yosep dan AN Yuri saat memberikan sambutan (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sambut kedatangan dua orang guru dari Korea Selatan (Korsel), siswa  Sekolah Dasar Negeri (SDN) Model Banyuwangi menampilkan Tari Gandrung. Dua guru asal Korsel Shin Yosep dan AN Yuri, dijadwalkan akan menjadi guru tamu dan mengajar selama tiga bulan di SDN Model Banyuwangi.

Kepala Sekolah SDN Model, Sumadi mengatakan, dua guru asal Korsel ini akan mengajar hingga bulan Juli. Adapun tarian Gandrung ditampilkan untuk memukau Shin Yosep dan AN Yuri, sekaligus sebagai sambutan selamat datang untuk tamu.

“Selain Tari Gandrung, ada juga atraksi Gamelan dan puisi, yang ditampilkan oleh siswa SDN Model Banyuwangi. Tujuannya, agar mereka juga tahu budaya asli Banyuwangi. Karena nantinya Shin Yosep juga akan mengajar bahasa dan budaya Korea dan AN Yuri akan mengajar bahasa dan Masakan Korea,” kata Sumadi, Sabtu (13/5/2017).

Sementara itu, Lina Kamalin pendamping dua guru asal Korsel ini menambahkan, sebelum mengajar secara individu AN Yuri dan Shin Yosep akan didampingi terlebih dahulu agar dapat beradaptasi dengan siswa dan sebaliknya.

“Senin lusa sudah mulai observasi kelas, cooperative teaching, mengajar dengan didampingi guru kelas terlebih dahulu. Setelah proses itu selesai, baru mereka mengajar secara individu,” ucap Lina Kamalin, yang juga alumnus pertukaran guru Indonesia – Korea 2015.

Kepada TIMES Indonesia, Shin Yosep dan AN Yuri mengatakan, sejak awal acara sampai ramah tamah, dirinya mengaku sangat bersemangat dan puas dalam penyambutannya.

“Saya tertarik dengan bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Osing,” ujar AN Yuri.

“Saya ingin makan sambal, nasi tempong yang pedas sekali,” kata Shin Yosep. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES