Entertainment

Wow, Film Indonesia kembali Masuk Festival Film Cannes

Sabtu, 13 Mei 2017 - 01:14 | 45.96k
ILUSTRASI: Film Indonesia (Foto: Bisnis Indonesia)
ILUSTRASI: Film Indonesia (Foto: Bisnis Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masuk dalam festival film bergengsi Cannes merupakan kebanggan tersendiri oleh industri film tanah air. 

Setelah sebelumnya ada film Indonesia yang tembus seleksi dalam rangkaian Festival Film Cannes. Seperti Tjoet Nja’ Dhien (1988, Semaine de la Critique), Daun di Atas Bantal (1998, Un Certain Regard), dan Serambi (2006, Un Certain Regard)?, kini giliran Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

Film garapan Mouly Surya ini masuk seleksi ke Quinzaine des réalisateurs (Directors' Fortnight) yang berlangsung paralel dengan Cannes Film Festival 2017. Mouly dan kru film tak percaya dengan raihan ini, sebab awalnya hanya mengincar penonton yang lebih banyak, luas, dan beragam untuk didaftarkan ke festival film.

"Saya bikin film bukan untuk ngejar piala atau penghargaan. Tujuan saya ke festival, sebenarnya untuk mencari penonton yang lebih luas dan banyak. Karena, mungkin penonton lokal agak sulit menerima konten-konten yang saya tawarkan, tapi Marlina ini gampang kok, karena lebih naratif," kata Mouly.

Sementara itu Marsha Timothy, salah satu pemain ikut berbangga dengan prestasi tersebut. "Saya dan teman-teman bahagia sekali, ternyata masuk selection untuk Directors' Fortnight di Cannes Film Festival, suatu kebanggan buat kami. Membanggakan untuk film Indonesia juga, ya cukup merasa bangga tergabung dalam produksi ini," kata Marsha. 

Sekadar diketahui Directors' Fortnight diadakan sejak 1969 pada Festival Film Cannes oleh Société des Réalisateurs de Films (Asosiasi Sutradara Film Perancis). Dari ajang tersebut, beberapa nama besar muncul ke permukaan, antara lain Werner Herzog, George Lucas, Martin Scorsese, Jim Jarmush, Michael Haneke, Spike Lee, Sofia Coppola, dan lainnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES