Ekonomi

Harga Cabai Besar Mahal, Petani Mulai Tersenyum Lebar

Jumat, 12 Mei 2017 - 13:06 | 25.77k
Cabai hasil panen Imam Muklis saat dipilah di rumahnya di Desa Kedungebang, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jumat (12/5/2017). (Foto: Romi S/TIMES Indonesia)
Cabai hasil panen Imam Muklis saat dipilah di rumahnya di Desa Kedungebang, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jumat (12/5/2017). (Foto: Romi S/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Harga cabai besar yang terus meningkat sejak sebulan lalu, membuat petani di Banyuwangi, Jawa Timur tersenyum lebar.

Seperti yang diutarakan Imam Muklis, petani cabai besar asal Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo.

Muklis merasakan nikmat tingginya harga cabai besar yang saat ini dipatok Rp 24 ribu rupiah per kilogramnya.

“Alhamdulilah harganya terus naik,” ucap Imam Muklis, saat memilah cabai yang akan di jual ke tengkulak, Jumat (12/5/2017).

Dirinya mengatakan, pada akhir bulan lalu harga cabai besar hanya kisaran di belasan ribu rupiah saja. Namun harganya sejak awal bulan terus meningkat.

“Awal bulan lalu hanya Rp 19 ribu, seminggu lalu Rp 22 ribu, dan hari ini harga cabainya sudah Rp 24 ribu,” terangnya.

Hal senada juga dirasakan Edi Surip, yang mengaku senang bisa menikmati harga cabai yang lumayan tinggi. Namun meski demikian, menurut Edi Surip, hasil panen tidak bisa maksimal, lantaran banyak buah cabai besar miliknya di serang penyakit jenis cacar buah yang membuat cabai busuk

“Kalau normalnya dalam seperempat hektare bisa dapat 80 kilo sekali panen, namun separuhya tidak laku di jual karena terkena cacar,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES