Kesehatan

Jangan Terlambat Menolong Pasien Demam Berdarah

Jumat, 12 Mei 2017 - 14:26 | 34.04k
dr Bintari, dokter Rumas Sakit Islam Fatimah Banyuwangi. (Foto: dr Bintari for TIMES Indonesia)
dr Bintari, dokter Rumas Sakit Islam Fatimah Banyuwangi. (Foto: dr Bintari for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah kita mengetahui gejala penyakit Demam Berdarah (DB), kita juga harus memahami cara menolong pasien DB dengan tepat dan cepat.

Ya, dalam tulisan kali ini, saya kembali mengingatkan tentang gejala awal penyakit DB, yakni panas tinggi mendadak selama 2 hingga 7 hari, tampak lemah dan lesu, timbul nyeri persendian, nyeri kepala di belakang mata, timbul bintik-bintik merah pada kulit dan terasa nyeri di ulu hati.

Sedangkan gejala lanjut Demam Berdarah memiliki ciri-ciri terjadi perdarahan di hidung (mimisan) dan dibawah kulit. Muntah dan berak darah, apabila sudah parah, penderita tampak gelisah, tangan dan kaki dingin dan mengeluarkan keringat dingin.

Untuk itu, pertolongan yang perlu diberikan saat timbul gejala awal ialah memberi minum sebanyak mungkin. Kompres agar panasnya turun dan berikan obat penurun panas seperti misalnya Paracetamol.

Jika kita telat memberikan pertolongan pertama, akan sangat berbahaya bagi pasien itu sendiri, karena penyakit DB belum ada vaksin untuk pencegahannya. Maka yang harus dilakukan adalah segera bawa penderita ke Poliklinik, Puskesmas atau RS terdekat.

Nah, satu-satunya cara untuk mencegah dan memberantas penyakit DB adalah dengan 3M Plus. 3M Plus adalah tindakan yang dilakukan secara teratur untuk memberantas  jentik dan menghindari gigitan nyamuk DB dengan cara menguras, menutup, dan mengubur sampah. Plus tindakan memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES