Peristiwa Daerah Marhaban Ya Ramadhan

Penyelundupan Meningkat, Bea Cukai Gelar Operasi Jaring Wallacea

Kamis, 11 Mei 2017 - 01:19 | 56.12k
Bea Cukai menggelar Operasi Patroli Laut Bea Cukai Jaring Wallacea 2017, Rabu (10/09/2017).(Foto: Khadafi/TIMES Indonesia)
Bea Cukai menggelar Operasi Patroli Laut Bea Cukai Jaring Wallacea 2017, Rabu (10/09/2017).(Foto: Khadafi/TIMES Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga perairan Indonesia dari penyelundupan dan potensi pelanggaran lainnya, Bea Cukai menggelar Operasi Patroli Laut Bea Cukai Jaring Wallacea 2017.

Direktur Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Harry Mulya mengungkapkan operasi dilakukan selama dua tahap mulai Mei sampai Juni, dan tahap kedua bulan September sampai Oktober 2017 mendatang.

Operasi Patroli Laut Bea Cukai Jaring Wallacea 2017 akan melibatkan 8 satuan kerja yaitu Direktorat Penindakan dan Penyidikan, empat Kantor Wilayah Timur Indonesia  yang terlibat yaitu, Kakanwil Bali Nusra, Sulawesi, Kalimantan Timur, dan Maluku Papua dan Papua Barat dan tiga pangkalan sarana operasi yaitu pangkalan Tanjung Priok, Papua dan Sorong.

Menurutnya ada trend peningkatan pengiriman barang terutama menjelang hari raya Idul Fitri, maka dari itu, perlu diantisipasi dengan meningkatkan kesiapan patroli laut Bea Cukai.

Barang selundupan bisa beripa barang berbahaya seperti senjata dan bahan peledak, narkoba, minuman keras ilegal, dan barang tambang ilegal. "Kalau jelang lebaran begini biasanya sembako dan pakaian bekas," kata Harri Mulya,Rabu (10/5/2017).

Untuk mendukung operasi in Bea Cukai menurunkan beberapa kapal patroli yang akan ditempatkan di beberapa wilayah yang dianggap rawan.

"Ada 8 kapal yang kita gunakan, ukuran 60 meter. Operasi ini akan menyasar bagian timur, sebelumnya tahun 2016 kita sudah lakukan di bagian barat, yakni Batam. Sektor-sektor tersebut mulai dari perairan Kalimantan Bagian Timur, Sulawesi, Halmahera, Banda, Bali, Arafura, hingga perairan utara Papua," jelasnya usai pembukaan Operasi Jaring Wallacea 2017 di Pelabuhan Benoa, Dermaga Timur.

Harry Mulya menambahkan, perairan Pulau Bali juga perlu diawasi, yakni penyelundupan narkotika dan penyelundupan senjata api dari wilayah Utara.

Untuk diketahui, Operasi patroli laut yang dilakukan Bea Cukai terus menunjukkan peningkatan tangkapan dari tahun ke tahun. Di tahun 2016, Bea Cukai berhasil melakukan 404 penindakan sementara hingga April 2017 Bea Cukai telah melakukan 184 penindakan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES