Peristiwa Daerah

Tim Sergap Mabes TNI AD Pantau Serapan Gabah Petani di Bondowoso

Rabu, 10 Mei 2017 - 12:56 | 56.93k
Tim Sergap Mabes TNI AD saat berdiskusi dengan BULOG Bondowoso. (Foto: Abdul Wahet/TIMES Indonesia)
Tim Sergap Mabes TNI AD saat berdiskusi dengan BULOG Bondowoso. (Foto: Abdul Wahet/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim Serap Gabah Patani (Sergap) dari Markas Besar TNI Angkatan Darat (AD) yang terdiri dari Kolonel Arh Mandrawan dan Kolonel Inf. Tatan berkunjung ke Bondowoso untuk memantau serapan gabah petani, Selasa (10/5/2017).

Kedatangan tim sergap ini juga dalam rangka meninjau kesiapan Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Sub Divre) Bondowoso menjelang bulan puasa.

“Kita datang untuk meninjau sejauh mana serapan gabah pateni oleh Bulog. Ini dilakukan untuk mengoptimalkan serapan gabah yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam rangka memenuhi kebutuhan cadangan pangan nasional,” tutur Mandraman.

Disamping itu, tim sergap ini  Mabes TNI AD ini juga untuk membantu permasalahan yang dialami Bulog di lapangan. Karena selama ini, banyak laporan yang diterima tim sergap mengenai permasalah di daerah, terutama bekaiatan dengan serapan gabah petani.

Mandrawan  juga menjelaskan bahwa target serapan gabah untuk Jawa Timur mencapai 1,2 juta ton setara gabah. Dan saat ini sudah 58,7 persen yang terserap.

Target tersebut, menurut Mandrawan harus bisa dicapai pada medio Maret hingga Agustus 2017. Hal dikarenakan kondisi cuaca yang dinamis dan tidak menentu setelah bulan Agustus sehingga percepatan target juga harus dilakukan.

Untuk itu, Mandraman berharap Bulog Sub Divre Bondowoso bisa mengoptimalkan serapan gabah di level petani dan mitra bulog lainnya.

“Bulog di daerah harus berkoordinasi dengan instansi terkait agar serapan gabah bisa optimal. Target kita satu tahun, tapi Maret sampai Agustus sudah tercapai. Karena setelah bulan Agustus cuaca sudah tidak menentu,” paparnya.

Untuk kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) menjelang bulan puasa, Mandrawan mengimbau agar Bulog Sub Divre Bondowoso bisa berkoordinasi dengan Bulog Sub Divre terdekat. Takut sewaktu-waktu kelangakaan pangan terjadi.

Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divre Bondowoso, Adhekan menyatakan, target serapan gabah petani di Bondowoso sebanyak 76 ribu ton. Hingga saat ini, baru tercapai tercapai 16 persen dari yang ditargetkan.

Selain meninjau Bulog Sub Divre Bondowoso, tim sergap Mabes TNI AD ini juga akan meninjau lokasi gudang bulog di dua lokasi yakni di Bondowoso dan Situbondo dan mengunjungi mitra bulog dan petani yang ada di Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES