Peristiwa Daerah

Luar Biasa, Aktris Brasil Ini Cintai Tari Bali Sejak Remaja 

Rabu, 10 Mei 2017 - 12:07 | 47.89k
Penampilan Allegri Ceccarelli saat membawakan Tari Topeng Tua. (Foto: Tika/TIMES Indonesia)
Penampilan Allegri Ceccarelli saat membawakan Tari Topeng Tua. (Foto: Tika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bukan hanya warga Indonesia saja yang mencintai tari Bali. Tak sedikit warga negara asing yang mencintai tari dan budaya Bali, seperti aktris dari Brasil, Allegri Ceccarelli.

Tari Bali yang memiliki gerakan yang ekspresif dengan permainan mimik wajah plus kerlingan mata tajam  membuat Allegri Ceccarelli mencintai tari ini. 

Tidak hanya itu, menurut Allegri, tari Bali yang full aksesoris, riasan make up yang tegas, dan iringan gamelan juga menjadikan tari Bali sebagai sesuatu yang unik sekaligus indah,

Saat berbincang dengan TIMES Indonesia usai menampilkan Tari Topeng Tua dalam acara Closing Ceremony Program Dharma Siswa RI 2017 di Universitas Muhammadiyah Malang, dia mengaku sudah mencintai seni tari Indonesia sejak usianya masih 16 tahun.

"Pertama kali mengunjungi Bali dan saya melihat tariannya, seketika langsung jatuh cinta," beber Allegri menggunakan Bahasa Inggris.

Menurut dia, saat melihat tari Bali, bukan hanya gerakan indah berpadu dengan gamelan tradisional saja yang ditampilkan. Melainkan harmonisasi antara manusia dan alam. 

Aktris teater ini membeberkan, hal ini yang membuat tari Bali berbeda dengan Brasil. 

"Gerakannya memang Brazil lebih energik, namun saya tidak menemukan soul dalam tarian Brazil, setelah menari sudah selesai," beber peserta Dharma Siswa yang belajar di ISI Denpasar itu. 

Allegri menilai, para penari Bali bukan hanya mencari uang saja, melainkan mereka juga menari dengan jiwa, yang menyatu dengan gerakan.  

"Tari Bali bukan hanya uang, tapi juga jiwa dan spirit," bebernya. 

Berbekal ketertarikannya dengan tari Bali, dia memutuskan untuk hijrah ke Pulau Dewata itu. Keputusannya ini didukung oleh ibu dan saudaranya. 

"Saya pernah tinggal di Bali selama dua tahun.  Dharma Siswa sekarang adalah yang kedua. Bali seperti my second home," ucapnya.

Bukan hanya menyukai tari Bali, Allegri pun mampu membawakan tarian dengan memukau.

Hal ini dia buktikan saat menyajikan Tari Topeng Tua. Tarian ini menceritakan mengenai kehidupan seorang lelaki di usia senjanya. Gerakannya lambat-lambat menggambarkan langkah kaki tua yang mulai berat. 

Mengenakan busana khas laki-laki Bali dan topeng berwajah tua, sesekali Allegri juga bergerak seolah menyeka peluh. Gerakan yang dibawakan sempurna dan mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton. 

"Saya baru belajar Tari Topeng Tua selama dua bulan, sejak Februari," tandas dia sembari melempar tersenyum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES