Peristiwa Daerah

Kemenpan RB Puji Inovasi Perpustakaan di Kota Malang, Ini Dia

Selasa, 09 Mei 2017 - 20:33 | 85.71k
Lapobra, salah satu layanan unggulan di Perpustakaan Kota Malang yang berhasil meraih Top 99, Selasa (9/5/2017). (Foto: Tika/TIMES Indonesia)
Lapobra, salah satu layanan unggulan di Perpustakaan Kota Malang yang berhasil meraih Top 99, Selasa (9/5/2017). (Foto: Tika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) cek lapangan inovasi pelayanan publik Kota Malang, Jawa Timur.

Tim Kemenpan RB meninjau Layanan Pojok Braille (Lapobra) di Perpustakaan Umum Daerah Kota Malang yang masuk Top 90 inovasi layanan publik yang diselenggarakan Kemenpan RB, Selasa (9/5/2017).

Mendapatkan Top 90, bukan perkara mudah. Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kota Malang ini harus bersaing denhan lebih dari 3.000 inovasi layanan publik yang diikutkan lomba. Kota Malang sendiri hanya mampu meloloskan Lapobra dari 99 inovasi layanan publik yang didaftarkan.

Cek lapangan ini untuk memeriksa langsung inovasi layanan publik Kota Malang, dan menilai untuk memutuskan layak tidaknya masuk dalam Top 40.

Lapobra-2GdyH0.jpg

Usai ditetapkan sebagai Top 40, layanan publik tersebut berhak mengikuti United Nation Public Service Award. 

Kabiro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB, Herman Suryatman, saat berkunjung ke Lapobra di Perpustakaan Kota Malang, memuji inovasi layanan yang disajikan.  

"Perpustakaan Kota Malang dengan Lapobra ini sangat ramah difabel. Saya kira layanan semacam ini sangat terbatas di daerah lain," beber Herman. 

Herman menjelaskan, Lapobra ini sangat mendukung para difabel, khususnya tuna netra dalam mendapatkan pengetahuan yang sama dengan pengunjung lainnya. 

"Teman difabel juga punya tempat yang sama untuk mendapatkan pengetahuan, dan negara hadir," bebernya.

Lapobra-39geNy.jpg

Hampir dua tahun Lapobra ini hadir di Perpustakaan Kota Malang, sejak 22 Mei 2015. Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Malang, M Anton. 

Lapobra menyediakan layanan Al Quran braille, aneka literatur, majalah dan buku yang juga dicetak dengan huruf khusus bagi tuna netra.

Setidaknya, Lapobra hingga kini memiliki sekitar 1.000 koleksi buku bagi tuna netra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES