Peristiwa Daerah

Es Kuwut, Minuman Khas Purbalingga yang Menyegarkan

Minggu, 07 Mei 2017 - 15:11 | 306.40k
Pelajar SMA Muhammadiyah 2 Purbalingga, sedang menunjukan minuman Es Kuwut saat acara Bazar Pelepasan Kelas XII (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)
Pelajar SMA Muhammadiyah 2 Purbalingga, sedang menunjukan minuman Es Kuwut saat acara Bazar Pelepasan Kelas XII (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suasana panas atau haus setelah beraktivitas enaknya dihilangkan dengan segelas es manis yang segar. Salah satunya dengan es Kuwut yang merupakan minuman khas Purbalinga.

Pembuatan Es Kuwut sangat mudah dan sederhana. Cukup dengan satu buah kelapa muda, melon, biji selasih dan gula pasir atau sirup.

“Pertama, tuangkan air kelapa muda ke dalam wadah plastik atau termos es. Lalu daging kelapa muda diserut dan masukan kedalam termos es. Kemudian masukan melon setelah dipotong kecil-kecil dan selanjutnya masukan biji selasih,” kata Lia, pelajar SMA Muhammadiyah 2 Purbalingga, Jawa Tengah saat acara Bazar dan Pelepasan Pelajar Kelas XII pada hari Jumat-Sabtu (5-6/5/2017) kemarin.

Lia mengatakan, es Kuwut nikmat disantap dengan potongan es batu kecil-kecil. Dan bagi yang suka manis bisa ditambahkan pula gula pasir atau sirup sesuai selera.

“Dan akan lebih nikmat dan segar lagi, es kuwut bisa di tambah dengan irisan jeruk nipis,” katanya menambahkan.

Lia bersama teman-temannya dari kelas X E mengatakan bahwa, selama bazar berlangsung. Es Kuwut yang disajikan dalam gelas plastik seharga Rp 2 ribu itu selalu habis.

Selain itu, Acara bazar SMA Muhammadiyah 2 Purbalingga juga dimeriahkan dengan 12 buah stand yang menampilkan berbagai macam hasil karya para siswa. Mulai dari aneka jajanan dan makanan serta hasil kerajinan tangan.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan musik band, pencak silat Tapak Suci dan tari-tarian seperti tari Gatot Kaca dan Hanoman.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Purbalingga Rudjangi mengatakan bahwa, kegiatan Bazar adalah untuk mengangkat budaya dan komoditi lokal agar punya nilai ekonomi lebih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES