Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Kampung Kopi Jadi Destinasi Wisata Baru Bondowoso

Kamis, 04 Mei 2017 - 21:34 | 220.16k
Stand kopi di acara Kampung Kopi Bondowoso Republik Kopi (Foto : Dok. TIMES Indonesia)
Stand kopi di acara Kampung Kopi Bondowoso Republik Kopi (Foto : Dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kampung kopi menjadi destinasi wisata baru bagi pecinta kopi Arabika Java Ijen-Raung. Bertempat di Alun-alun Ki Bagus Asra, Kampung Kopi menawarkan kenikmatan kepada wisatawan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya bagi pecinta kopi yang ingin menikmati kopi Arabika khas Republik Kopi tersebut. 

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Adi Sunaryadi mengatakan Kampung Kopi merupakan destinasi wisata yang dikhususkan untuk pengembangan kopi di Bondowoso. Dengan hadirnya Kampung Kopi, wisatawan yang sedang berlibur di Bondowoso tidak perlu kesusahan bila ingin menikmati kopi andalan Bondowoso yakni Java-Ijen Raung.

"Disitu ada banyak yang disajikan, mulai dari menyajikan seduhan kopi arabika dengan berbagai jenis seperti "ekspresso", "blue mountain", "blue ijen", robusta dan beberapa jenis kopi lainnya," katanya. 

Saat ini, Kampung Kopi hanya digelar pada hari Sabtu dan Minggu pada minggu kedua dan minggu keempat (satu bulan dua kali), "Namun, jika ada 'event' atau acara kegiatan pemerintahan, Kampung Kopi akan terus dibuka setiap hari dan dibuka mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB," ucapnya.

Di Kampung Kopi kata Adi, pengunjung tidak hanya menikmati menikmati kopi olahan atau seduhan karena disana kopi arabika mentah juga bisa didapatkan di belasan stand Kampung Kopi.

Selain itu, lanjut dia, juga sebagai wisata kopi bagi wisatawan yang saat liburan di Bondowoso bisa menikmati dan melihat langsung cara pengolahan dari masing-masing pegiat kopi.

"Di 'stand-stand' itu mereka berasal dari pegiat kopi dan pemilik kedai kopi maupun kafe dan intinya ini salah satu tugas dinas pariwisata untuk memperkenalkan potensi yang ada di Bondowoso dan salah satunya kopi arabika yang kini telah memiliki 'brand' 'Bondowoso Republik Kopi'," paparnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES