Peristiwa Daerah

Canggihnya Sistem Keamanan Kota Makassar Buat Sumsel Kagum

Rabu, 03 Mei 2017 - 14:46 | 34.64k
Belajar soal Sistem Keamanan Kota, Pemprov Sumsel Kunjungan Kerja Ke Makassar (Foto : Humas For TIMES Indonesia)
Belajar soal Sistem Keamanan Kota, Pemprov Sumsel Kunjungan Kerja Ke Makassar (Foto : Humas For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tidak segan-segan untuk belajar dan mengambil manfaat serta mencontoh sistem CCTV di Kota Makassar.

Studi banding sistem CCTV ini terkait penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara Asia atau Asian Games yang berlangsung pada Agustus 2018 mendatang.

Menurut Gubernur Sumsel Alex Noerdin dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, sistem closed circuit television - CCTV di Kota Makassar adalah yang terbaik. Dan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games harus belajar untuk persiapan sistem pengawasan, pengamanan dan keamanan.

"Kami tidak segan - segan untuk belajar ke Makassar," kata Alex Noerdin, bersama Wali Kota Palembang, Kapolda Sumsel, Kasdam II Sriwijaya dan sejumlah pejabat Pemprov Sumsel saat kunjungan kerja ke Kota Makassar, Selasa (02/05/2017).

Berdasarkan pemantauannya operasional CCTV Kota Makassar yang terpusat di Kantor Walikota Makassar lantai 10 ini, benar-benar menerapkan ilmu dan teknologi terkini.

"Di ruang operasional CCTV tersebut, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan paparan tentang penggunaan CCTV di seluruh sudut Kota makassar, bahkan hingga ke tingkat RT, serta pengawasan 1 x 24 jam," ungkap mantan Bupati Muba ini.

Selain itu, aplikasi yang diterapkan dapat dilihat langsung oleh masyarakat melalui youtube sebagai transparansi layanan publik bagi masyarakat dan juga untuk meningkatkan pengamanan dan keamanan. 
Alex Noerdin mengungkapkan Palembang - Sumatera Selatan bisa mencontoh penerapan CCTV dari Makassar bahkan lebih baik lagi dari Makassar.

"Kota Palembang dapat belajar dan mengambil manfaat dari kunjungan kerja ke Kota Makassar tersebut," harapnya.

Alex mengatakan, dalam waktu dekat ini area yang segera dipasang CCTV adalah kawasan Jakabaring Sport City (JSC), untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. 

Dalam penerapan CCTV,  Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan, Pemkot Makassar memasang 60 ribu kamera dan pada saat-saat tertentu menyiarkan kejadian-kejadian penting bagi masyarakat.

Pihaknya juga memaksimalkan infra red yang mampu menjangkau hingga jarak 4 km sebagai video survailance,  Makassar sky hunter yang digunakan sebagai pencegahan tindak kriminal, dan Makassar sky guard di tingkat kecamatan dengan menggunakan drone sederhana untuk mengatasi persoalan wilayah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES