Glutera News

Inilah Empat Hal Penting dalam Berinovasi Bisnis 

Rabu, 03 Mei 2017 - 08:57 | 492.68k
Ilustrasi. (Gluteranews)
Ilustrasi. (Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam dunia bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan inovasi. Bagi para pebisnis zaman sekarang, inovasi kerap disebut sebagai reka cipta.

“Reka cipta adalah pengembangan suatu ide yang muncul untuk pembentukan suatu produk baru yang sekiranya berbeda dari produk-produk lainnya. Berinovasi artinya membuat suatu produk yang baru,’’ jelas Andri Ariestianto, Maestro Glutera Indonesia.

Biasanya inovasi dari para pebisnis sering memunculkan ide-ide untuk pembuatan suatu produk terbaru dari bisnisnya. Bagi Anda yang memang sedang berkecipung dalam dunia bisnis, maka berlomba-lombalah dalam hal inovasi.

Banyak alasan mengapa seorang pebisnis harus berinovasi. Di antaranya menghindari kata monoton dalam produknya. Jika Anda sebagai pebisnis namun Anda tidak pernah melakukan inovasi sama sekali maka produk yang anda produksi digolongkan ke dalam produk lama. Tentunya ini membuat jenuh masyarakat terutama pelanggan. Selain itu, melakukan inovasi akan mengurangi tingkat masalah terhadap produk yang sudah lama.

Hal ini sangat penting sekali dan perlu diperhatikan guna mengatasi kegagalan usaha dalam berbisnis. Ada banyak hal penting yang dapat Anda peroleh dalam melakukan inovasi di dunia bisnis. Hal ini dapat dijadikan keuntungan sekaligus meningkatkan kemajuan usaha di bidang perbisnisan.

Empat hal penting yang dapat diperoleh dalam melakukan inovasi, yaitu:

Mengikuti Kemajuan Teknologi 

Melakukan inovasi berarti secara bertahap Anda sudah mengikuti arus perkembangan zaman serta kemajuan teknologi yang semakin pesat. Usahakan Anda menciptakan suatu produk yang sesuai dengan teknologi dan zaman saat ini, sehingga tidak terkesan kuno atau ketinggalan zaman. Dengan diiringi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi maka inovasi yang diciptakan harus semakin bagus dan canggih sehingga akan lebih menarik animo masyarakat.

Melakukan inovasi yang disesuaikan dengan kamajuan teknologi memang tidak mudah, Anda harus memikirkan konsep serta ide-ide yang matang yang sekiranya cocok dan relevan dengan kemajuan teknologi saat ini, bukan hanya asal-asalan dalam menciptakan ide dan membuat suatu produk baru. Semakin bagus inovasi yang Anda ciptakan dan sesuai dengan perkembangan zaman maka pelanggan produk akan semakin banyak dan keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.

Mempermudah Dalam Melakukan Promosi 
Melakukan inovasi akan lebih mempermudah Anda untuk mempromosikan produk-produk Anda. Dengan produk yang memiliki banyak jenis dan bervariasi maka proses promosi kepada masyarakat atau distributor akan semakin mudah dan cepat diterima, dibandingkan produk yang monoton dan tidak ada produk yang baru. 

Dengan lebih banyak berinovasi maka produk akan semakin lancar terjual di masyarakat dan keuntungan yang diperoleh akan semakin banyak. Selain itu, dengan melakukan benyak inovasi maka secara tidak langsung Anda membantu para distributor cepat mendapatkan keuntungan karena proses promosi semakin mudah dan produk terjual semakin lancar.

Hal di atas merupakna keuntungan dari melakukan inovasi dalam bisnis. Semakin banyak melakukan inovasi maka keuntungan yang didapatkan semakin besar pula. Namun jika Anda tak pernah melakukan inovasi maka produk tetap monoton dan keuntungan pun juga tetap atau bahkan merusut. Jadi sebaiknya Anda lebih mengembangkan inovasi produk.

Menarik Animo Masyarakat
Keuntungan yang kedua adalah menarik minat pelanggan. Dengan menciptakan banyak produk baru tentu tidak akan membuat jenuh masyarakat, sehingga pelanggan akan meningkat secara bertahap dan keuntungan akan jauh lebih besar. Kebanyakan masyarakat lebih suka produk yang bervariasi, terbaru dan pada musimnya. Untuk itu, ciptakanlah suatu ide produk baru yang menarik minat mereka dan sesuai dengan trendy saat itu.

Dengan menciptakan banyak produk terbaru maka akan semakin banyak pertambahan jumlah pelanggan dan hal tersebut berbanding lurus dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Namun Anda perlu berhati-hati dalam melakukan inovasi. Jangan sampai produk Anda terkesan sama dengan produk pebisnis lain. Jika itu terjadi maka Anda akan dianggap sebagai plagiat. Banyak para pebisnis yang hanya menjiplak ide-ide orang lain untuk inovasinya sendiri yang sebenarnya perilaku tersebut akan menurunkan minat para pelanggan.

Mayoritas masyarakat akan memilih produk terbaru yang memang berbeda dari produk-produk yang lain, dibandingkan dengan produk yang hampir sama dengan produk lain, walaupun kualitasnya memadai. Untuk Anda yang ingin mendapatkan banyak keuntungan bisnis dengan berinovasi, maka mulailah belajar untuk menciptakan ide-ide yang berbeda dari yang lain untuk dikembangkan menjadi sebuah produk.

Menjadi Trendsetter 
Dalam dunia pekerjaan memang tidak asing dari yang namanya competitor atau pesaing begitupun saat berkecipung di dunia bisnis. Mempertahankan image agar tidak kalah dengan competitor memang tidak mudah. Namun dengan berinovasi maka Anda akan lebih mudah untuk mempertahankan image produk tersebut sehingga tidak mudah dikalahkan oleh pesaing lain. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES