Pendidikan Hardiknas 2017

Hardiknas, Momentum Tumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme

Selasa, 02 Mei 2017 - 17:14 | 28.82k
Sekjen Kemenag, Nur Syam (Foto: pikiranumat)
Sekjen Kemenag, Nur Syam (Foto: pikiranumat)
FOKUS

Hardiknas 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Pendidikan Nasional kali ini dianggap sebagai momentum tepat untuk menumbuhkan kembali patriotisme dan nasionalisme, demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam.

"Hardiknas bukan hanya memperingati perjuangan dan jasa besar Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Lebih dari itu, Hardiknas adalah momentum untuk terus memajukan pendidikan sekaligus menumbuhkan patriotisme dan nasionalisme seluruh insan pendidikan," ucapnya pada upacara Hardiknas di halaman kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Kepada para pejuang pendidikan, ia menyampaikan apresiasinya atas peran aktif mereka dalam mendidik, memberi inspirasi dan membangkitkan semangat anak bangsa hingga tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, berpengetahuan serta memiliki keterampilan dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut Nur Syam, pendidikan adalah hak setiap warga dan negara wajib membiayainya. Karena itu, Pemerintah bersama masyarakat terus berupaya memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan di seluruh kawasan, termasuk daerah terdepan, terluar dan terpencil (3T).

Meski pembangunan pendidikan telah memberikan hasil, namun ia meyakini jika kualitas SDM Indonesia masih ketinggalan dibanding negara lain di ASEAN. Karenanya, perlu upaya lebih aktif dan sinergis untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

"Upaya lebih aktif dalam memajukan pendidikan perlu ditingkatkan agar bangsa kita tidak menjadi tamu terasing di negeri sendiri, terutama karena terjajah oleh budaya asing dan terpaksa menari di atas irama gendang bangsa lain," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES