Pendidikan Hardiknas 2017

Dandim Banyuwangi: Pembangunan Pendidikan Harus Dilakukan Menyeluruh

Selasa, 02 Mei 2017 - 15:09 | 70.59k
Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Hardiknas 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan, menilai pembangunan sektor pendidikan harus dilakukan secara total atau menyeluruh. Karena, semua unsur yang ada saling terkait dan mendukung, sehingga tidak bisa dipisahkan.

Misal, pembangunan sektor pendidikan tidak akan pernah berhasil jika hanya fokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para guru dengan tanpa diikuti unsur lainya. Seperti sarana pra sarana, kurikulum, peran serta orang tua dan lainya.

“Jadi tidak bisa fokus pada skala prioritas, pembangunan pendidikan harus dilakukan secara menyeluruh,” katanya, Selasa (2/5/2017).

Disebutkan, mulai sarana pra sarana, tenaga pendidik, tenaga pendukung pendidik, peserta didik, alat intruksi peserta didik, alat intruksi tenaga pendidik, program pendidikan, anggaran pendidikan, pengawasan pendidikan dan tujuan pendidikan, semua wajib sinergis. Termasuk pembinaan mental, moral dan agama, nilai-nilai kebangsaan serta peran orang tua, lingkungan dan ekonomi yang baik juga sangat berkontribusi pada proses jalannya pendidikan.

Dandim Roby menilai karena pendidikan sangat berkaitan erat dengan kehidupan sosial masyarakat. Artinya, dalam pelaksanaan terdapat interaksi langsung antara peserta didik, tenaga pengajar, masyarakat, stakeholder serta Pemerintah.

“Khusus di Banyuwangi, kami sangat berterima kasih pada bapak ibu guru yang dengan ikhlas mendidik anak-anak bangsa. Tidak lepas pula peran serta para ulama, guru agama dan tokoh-tokoh lintas agama dalam menuntun akhlak anak bangsa yang mulia dan toleran berwawasan kebangsaan,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES