Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Umat

Warga NU Purbalingga Kompak Bangun Gedung ELPENA

Minggu, 30 April 2017 - 17:05 | 84.81k
Suasana acara peletakan batu pertama gedung ELPENA di Desa Karangsari, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Minggu (30/4/2017) (Foto: Sugeng Wahyono For TIMES Indonesia)
Suasana acara peletakan batu pertama gedung ELPENA di Desa Karangsari, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Minggu (30/4/2017) (Foto: Sugeng Wahyono For TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Umat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Warga NU Purbalingga, Jawa Tengah, khususnya MWC NU Kecamatan Karangmoncol di Desa Karangsari pada hari ini Minggu (30/4/2017) kompak bergotong royong membangun gedung untuk kantor Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (ELPENA).

Rencanaya pembangunan gedung yang berukuran 6 kali 9 meter ini, akan menghabiskan biaya sebesar Rp 55 juta lebih dan ditargetkan selesai dalam 25 hari kerja. Seluruh dana swadaya murni warga NU.

Sekretaris LKM ELPENA sekaligus  Ketua GP Ansor Karangmoncol, Sugeng Wahyono menjelaskan bahwa, pendirian gedung ELPENA, selain sebagai salah satu subsektor kegiatan MWC NU Karangmoncol. ELPENA adalah Lembaga Keuangan Masyarakat yang didirikan oleh Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama.

“Hari ini agendanya menggali tanah untuk pondasi. Diteruskan dengan peletakan batu pertama oleh KH A Masykur Husni selaku Mustasyar MWC NU Karangmoncol,” kata Sugeng, Minggu (30/4/2017).

Pembangunan gedung yang berada di dekat masjid Jami Desa di Karangsari ini, sambung Sugeng karena lokasinya yang setrategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat dan ada kejelasan tempat usaha.

“Dengan demikian masyarakat bisa mengambil manfaatnya sebagai pusat kegiatan LKM. Dan juga sebagai kantor atau sekretariat,” terang Sugeng.

Sementara itu Ketua Lembaga Wakaf PC NU Purbalingga, Miswanto MPd mengatakan bahwa, didirikanya NU oleh para masyayikh di bawah komando Hadlaratus Syeikh Muhammad Hasyim Asy'ari, tidak hanya untuk menata sisi ibadah mahdlah (langsung pada Allah).

Tetapi juga bagaimana jam'iyyah ini mau dan mampu untuk melayani banyak kebutuhan masyarakat. Khususnya Nahdliyyin, baik itu sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, keuangan dan lain sebagainya.

“Dan LKM ELPENA didirikan oleh MWC NU Karangmoncol adalah untuk melaksanakan tugas mulia itu. Maka saatnya semua Nahdliyyin dan seluruh Banom bergerak kompak untuk mensukseskan tujuan jam'iyyah ini," kata Miswanto menambahkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES