Peristiwa Nasional

Dua Tips Tangkal Hoax ala Wapres JK

Sabtu, 29 April 2017 - 12:09 | 45.07k
Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla (Foto: komoditas)
Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla (Foto: komoditas)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla punya jurus jitu untuk menangkal sebaran informasi bohong atau hoax di media sosial.

Menurut JK - sapaan akrabnya, hoax bisa ditangkal melalui dua cara yakni dengan cara menerbitkan warta yang sarat pesan optimistis dan perkokoh terus upaya membela kebenaran dan kebersamaan.

"Hindari berita-berita yang pesimistis dan perbanyak berita-berita yang optimistis dalam membangun negara," tegasnya dalam peluncuran jaringan wartawan Anti Hoax (Jawarah) dan acara anugerah Hari Pers Nasional 2017 yang digelar di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Wapres menyebut hoax telah menjadi keprihatinan nasional. Untuk itu diperlukan peran prokatif dari komunitas pers nasional untuk bersama menanggulanginya, juga menyegarkan kembali ruang publik dengan menulis dan menerbitkan berita faktual dan menyejukkan.

Ia menambahkan jika penyebaran hoax bisa masif karena masyarakat Indonesia sekarang ini rata-rata menggunakan gawai selama dua sampai empat jam sehari, salah satunya untuk berselancar di media sosial.

Untuk itu wapres berharap kepada Jawarah agar siap membela kebenaran dan menegakkan kebersamaan dalam menangkal hoax. "Perlu heroisme dalam merespons upaya menangkal hoax, dengan dilatarbelakangi upaya membela kebenaran," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES