Peristiwa Daerah

Pertamina Prioritaskan 30 Persen Tenaga Lokal di Kilang Tuban

Jumat, 28 April 2017 - 21:35 | 116.85k
Amir H Siagian bersama H. Fathul Huda dan Sekda Budiwiyana, seusai menggelar media gatering Jumat (28/04/2017) (Foto: Safuwan TIMESIndonesia)
Amir H Siagian bersama H. Fathul Huda dan Sekda Budiwiyana, seusai menggelar media gatering Jumat (28/04/2017) (Foto: Safuwan TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) proyek kilang Tuban baru New Grass Root Renery (NGRR) di Kecamatan Jenu,  Kabupaten Tuban,  Jawa Timur,  akan memprioritaskan 30 persen tenaga lokal. 

Hal itu disampaikan Project Coordinator NGRR Tuban, Amir H Siagian, saat Media Gathering yang digelar oleh Pemkab Tuban di Restourant Kayu Manis, Jalan Jasuki Rahmad,  Jum'at (28/04/2017). Hadir dalam acara itu Bupati Tuban H. Fathul Huda beserta jajarannya. 

"Pembangunan dan persiapan operasi pada 2023, mega proyek kilang Tuban diperkiraan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 1.600 orang. Kami akan memprioritaskan 30 persen dari jumlah itu untuk tenaga lokal. Baik skill maupun tenaga kerja kasar," tegas Amir. 

Amir menjelaskan, saat ini perkembangan proyek baru tahap engineering atau masih dalam tahap penghitungan kebutuhan pembangunan. Baik dalam luasan lahan maupun pemberian tali asih bagi petani yang menggarap lahan. 

"Kalau penyerapan tenaga kerja dalam pembangunan proyek itu berkisar 4 tahunan,  namun kita memikirkan jangka panjangnya bagaimana masyarakat sekitar dapat ikut bekerja di dalam," jelas Amir. 

Dari 6 proyek kilang yang sedang dikerjakan di Indonesia, ada empat pengembangan kilang dan pembangunan dua kilang baru. Total kapasitas minyak dalam negeri akan bertambah dari 1 juta barrel per hari (BPH) akan menjadi 2,2 juta BPH pada tahun 2023 mendatang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES