Ekonomi

Kendalikan Harga Cabai, Dinas Pertanian Banyuwangi Bagikan Bibit

Jumat, 28 April 2017 - 20:08 | 36.85k
Penyerahan bibit cabai rawit oleh Kedisperta Banyuwangi kepada perwakilan dari PKK Kecamatan Kota Banyuwangi (Foto: Ahmad S/ TIMES Indonesia)
Penyerahan bibit cabai rawit oleh Kedisperta Banyuwangi kepada perwakilan dari PKK Kecamatan Kota Banyuwangi (Foto: Ahmad S/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengantisipasi naiknya harga cabai, Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Banyuwangi membagikan 55 ribu bibit cabai rawit dalam polybag kepada anggota Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Kota Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Kepada TIMES Indonesia, Kadisperta Banyuwangi Arief Setiawan, yang diwakili Kabid Hortikultura dan Perkebunan mengatakan, ibu-ibu PKK penerima bibit sebelumnya telah menerima pengarahan perawatan sehingga diharapkan pohon cabai bisa hidup dan menghasilkan di tangan mereka.

“Bibit cabai ini didapat dari APBN tahun anggaran 2017. Total yang akan kita bagiakan 144 ribu bibit cabai rawit dan cabai besar beserta polybag. Tujuan utamanya mengantisipasi kelangkaan cabai sehingga mempengaruhi peningkatan harga,” kata Khoiri, Jumat (28/4/2017).

Penyerahan dilakukan di Kantor Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Banyuwangi, diikuti ratusan anggota PKK Kecamatan Kota Banyuwangi. Target yang dituju, adanya penambahan populasi tanaman cabai yang nantinya bisa mengendalikan euforia dari peningkatan harga cabai.

Diharapkan stabilnya harga cabai tidak menyumbang penekanan inflasi, dimana kenaikan harga cabai sempat berpengaruh pada angka inflasi Kabupaten Banyuwangi di triwulan pertama tahun 2017. Targetnya setiap keluarga memiliki setidaknya 5 pohon cabai di pekarangan rumah masing-masing.

“Kami juga berharap ada perubahan perilaku dari ibu-ibu untuk semakin menghargai potensi pekarangan. Karena sebenarnya pekarangan bisa memberikan hasil yang bermanfaat bisa dikelola dengan baik,” pungkas Khoiri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES