Peristiwa Daerah

Aisyiyah Gelar MOW Gratis di PKU Muhammadiyah Purbalingga

Jumat, 28 April 2017 - 17:59 | 83.84k
Peserta pelayanan Medis Operatif Wanita (MOW) gratis di ruang tunggu RS PKU Muhammadiyah Purbalingga, Jumat (28/4/2017) (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)
Peserta pelayanan Medis Operatif Wanita (MOW) gratis di ruang tunggu RS PKU Muhammadiyah Purbalingga, Jumat (28/4/2017) (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka milad ke-103 Aisyiyah, Hari Kartini dan milad ke-13 RS PKU Muhammadiyah Purbalingga, Aisyiyah Purbalingga, Jawa Tengah mengadakan kegiatan Pelayanan Medis Operatif Wanita (MOW) gratis. Yaitu kontrasepsi mantap pada wanita  atau  MOW.

Kegiatan yang mengandeng Dinas Sosial (Dinsos) Purbalingga ini berlangsung selama dua hari sejak hari Kamis hingga Jumat (27-28/4/2017), dan  digelar di RS PKU Muhammadiyah Purbalingga di Bobotsari, dan diikuti oleh 106 peserta.

Ketua Asyiyah Purbalingga H Siti Zuharoh mengatakan dengan bakti sosial pelayanan MOW gratis, maka keberadaan Aisyiyah bisa dirasakan oleh masyarakat  Purbalingga pada umumnya dan bagi warga Muhammadiyah Purbalingga pada khususnya.

“Dan dengan pelayanan MOW gratis kepada masyarakat, diharapkan bisa terjadi peningkatan kesejahteraan warga Purbalingga. Karena laju pertumbuhan penduduk bisa dikendalikan,” kata Siti Zuharoh, Jumat (28/4/2017).

Kabid Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KBKS) pada Dinsos Pengendalian Penduduk (Dalduk) Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB P3A) Purbalingga, Hendroko Suroso menambahkan, dengan peningkatan kepersertaan KB, utamanya dengan metode kontrasepsi jangka panjang seperti  Medis Operatif Wanita (MOW) atau tubektomi, akan berdampak pada penurunan tingkat kelahiran atau Total Fertility Rate (TFR).

Sementara itu Kepala RS PKU Muhammadiyah Purbalingga, dr Setyana Eka mengatakan, bahwa kegiatan bakti sosial itu menjadi awal usaha kerja sama dengan Dinsos Dalduk Purbalingga.

 “Karena kedepanya, di RS PKU Muhammadiyah Purbalingga bisa dilaksanakan MOW setiap pekan dengan Dokter Irham,” kata Eka.  

MOW tersebut sambung Setyana Eka, ditangani langsung oleh dr Rudi ahli MOW dari Propinsi Jawa Tengah dan dr Irham ahli kandungan dari RS PKU Muhammadiyah Purbalingga.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES