Peristiwa Nasional

Menkominfo Sebut Hoax Sudah Jadi Isu Global

Jumat, 28 April 2017 - 19:06 | 26.91k
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (Foto: TIMES Indonesia)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara meyakini berita palsu atau hoax saat ini bukan semata menjadi isu nasional, namun juga isu global.

"Kita perlu strategi untuk memaksa agar hoax tidak lagi jadi isu nasional tapi global," tegasnya.

Menurut Menkominfo, hoax lebih banyak diproduksi dan disebar di media sosial karena media mainstream terikat kode etik jurnalistik untuk melaksanakan keberimbangan (cover both side).

"Hal ini karena di media mainstream ada ,cover both side. Kalau media sosial orang lempar isu saja," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan jika masalah hoax bak lingkaran setan - orang melempar hoax di media sosial, kemudian menimbulkan persaingan di media mainstream, terutama media elektronik yang kemudian mengangkat isu itu ke TV melalui running text.

Menkominfo pun mengapresiasi sejumlah kelompok masyarakat dan pemerintah daerah di Indonesia yang telah menginisiasi gerakan masyarakat antihoax. Selain itu, seluruh pemangku kepentingan, baik Dewan Pers, PWI, AMSI dan masyarakat bersama-sama memerangi hoax.

"Media mainstream mulai menemukan ruang baru untuk menjadi rujukan dalam perangi hoax. Dewan pers juga mendorong konstituennya untuk melawan hoax. Begitu juga dengan PWI yang menggagas pembentukan Jaringan Wartawan Antihoax (Jawah)," tukasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES