Peristiwa Nasional

Menkeu Dukung Wacana Gaji Penuh untuk PNS Cuti Melahirkan

Jumat, 28 April 2017 - 22:10 | 23.69k
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (Foto: jalu)
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (Foto: jalu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendukung wacana pemberian gaji penuh, termasuk tunjangan kinerja, kepada pegawai negeri sipil (PNS) perempuan yang sedang mengambil cuti melahirkan (maternity leave).

"Tunjangannya harus dibayar penuh, karena perempuan hamil itu bukan salahnya dia, tapi karena kerja sama. Dia bukan lagi liburan, karena itu tugas luar biasa berat," tegasnya dalam acara dialog dengan pejabat wanita eselon dua dan tiga Kementerian Keuangan di Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Menurutnya, pemberian gaji penuh kepada perempuan bekerja yang sedang mengambil cuti melahirkan adalah bentuk apresiasi kepada wanita yang selama ini telah memberikan kontribusi besar kepada keluarga dan negara.

"Kalau Indonesia mau melakukan itu, kita lebih maju dari AS, karena di AS paternity leave-nya tidak dibayar. Kita mungkin belum semaju perusahaan di Eropa, tapi lebih bagus kalau di Kementerian Keuangan mulai mengikuti," lanjutnya.

Menkeu juga berharap ke depan tak ada lagi perbedaan perspektif antara laki-laki dengan perempuan, karena semua mempunyai kesempatan yang sama, termasuk kemampuan menduduki jabatan sebagai pejabat eselon satu atau dua.

Selain itu, ia juga meyakini Indonesia bisa belajar dari negara lain agar pengarusutamaan gender bisa berjalan efektif di seluruh Kementerian Lembaga, juga agar para perempuan mendapatkan kesempatan mengabdi secara optimal bagi negeri. 

"Kita akan lihat ada hal-hal yang kita bisa perbaiki dan perkuat. Saya bahkan mengundang negara-negara lain yang melakukan gender mainstreaming. Seperti di Kanada, menteri keuangannya mengatakan tidak ada program, kalau tidak ada analisa gendernya," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES