Wisata

Ziarah Makam Buyut Cili Kemiren, Jangan Lakukan ini Jika Tak Ingin Celaka

Jumat, 28 April 2017 - 14:25 | 406.52k
Makam keramat mbah buyut Cili di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)
Makam keramat mbah buyut Cili di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bukan Banyuwangi, Jawa Timur jika tidak kental dengan nuansa dan cerita mistis. Salah satunya tentang makam keramat mbah buyut Cili di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Di tempat peristirahatan terakhir leluhur masyarakat suku Osing setempat tersebut disebut-sebut sering muncul hal-hal aneh yang tak masuk di akal.

Menurut juru kunci makam, Tampok, di lokasi makam, peziarah tidak bisa berbuat seenaknya. Karena ada pantangan atau sopan santun tertentu yang memang tidak boleh dilanggar. Jika tak dipatuhi, siap-siap saja akan mendapat balak atau musibah.

“Bahkan peziarah yang tidak percaya dengan kesakralan makam, dia bisa dijumpai mbah buyut Cili namun dengan wujud yang bisa jadi cukup menyeramkan,” katanya, Jumat (28/4/2017).

Bahkan, lanjut Tampok, pernah ada keluarga peziarah yang tiba-tiba kerasukan setelah kembali ke rumah. Setelah dilakukan penerawangan gaib, ternyata dia sempat menghina dan mengolok-olok makam saat ikut berziarah. Dan anehnya, ketika dibacakan doa di depan makam, peziarah berusia muda tersebut langsung sembuh seperti tak pernah terjadi apa-apa.

“Kesakralan makam mbah buyut Cili ini terkenal hingga keluar daerah, jadi jangan heran pengunjung yang datang bukan hanya dari Banyuwangi saja,” ungkap Tampok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES