Wisata

Lima Gua Tereksotis di Indonesia

Jumat, 28 April 2017 - 07:00 | 40.71k
Gua Borneo. (Foto: Pinteres)
Gua Borneo. (Foto: Pinteres)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia kaya akan obyek wisata alam. Mulai dari pemandangan di atas awan, di dalam laut, bahkan di perut bumi bisa di eskplore. 

Gua merupakan lubang di tanah, atau di batu, atau di pegunungan yang terbentuk secara alami. Di Indonesia ada beberapa gua yang terkenal hingga mancanegara. Keindahannya membuat siapapun takjub. 

Berikut lima goa tereksotis yang ada di Indonesia

1. Gua Jomblang

goa-jomblangGNWOY.jpg

Gua yang terletak di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta ini dikenal sebagai salah satu gua jenis vertikal paling indah di Indonesia. Karena berbentuk vertikal, kamu yang ingin menjelajah diharuskan menggunakan peralatan caving vertikal dengan teknik single rope dan instruktur yang berpengalaman.

Tapi semua perjuangan akan terbayar ketika tiba di dasar gua. Pemandangan hutan purba yang tumbuh rimbun di bawah, ditambah lagi cahaya matahari yang menerobos masuk ke dalam gua, menambah keindahan gua ini.

2. Gua Pindul

goa-pindulzfoLW.jpg

Goa Pindul di Yogyakarta menawarkan sensasi berbeda ketika menjelajahi di dalamnya. Anda akan diajak menggunakan ban pelampung untuk menyusuri sungai yang terdapat di dalam gua. Aliran sungai ini akan membawa Anda menelusuri gua dengan panjang 350 meter. Keindahan dinding gua, dan jernihnya air sungai membuat gua ini menjadi tempat favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta.

3. Gua Petruk

goa-petrukK7rbU.jpg

Gua ini terdapat di Kebumen. Di sana ada Gua Petruk yang menawarkan eksotisme tersendiri. Di dalam gua ini para wisatawan bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang memiliki bentuk beraneka ragam. Goa dengan tiga tingkat ini memiliki dinding yang basah dan lembab serta terdapat sungai yang mengalir di dalamnya.

4. Gua Jatijajar

goa-jatijajar48zbt.jpg

Goa Jatijajar adalah goa alam yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan ditemukan pada tahun 1802. Saat di dalam, kamu bisa melihat banyaknya ornamen stalaktit, stalagmit, dan tiang-tiang kapur. Di sisi lain kamu juga bisa melihat delapan buah diorama dan 32 patung yang dipasang di dalam goa. Ke 32 patung tersebut menceritakan kisah tentang Raden Kamandaka yang dikemudian hari lebih dikenal sebagai Lutung Kasarung.

5. Gua Gong

goa-gongnDuLJ.jpg

Pacitan punya julukan sebagai Kota 1001 Gua karena banyaknya lokasi wisata gua di sana. Namun ada satu gua yang menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan, yakni Gua Gong. Terletak di Desa Bromo, Kecamatan Punung, Pacitan, goa ini memiliki keunikan tersendiri yang nggak dimiliki gua lainnya. 

Suara khas seperti gong gamelan dari stalaktit dan stalagmit ketika dipukul akan menggema di dalam gua. Jadi selain panoramanya yang indah, gua ini juga bersuara dengan indah. Hebatnya gua ini disebut sebagai yang terindah di Asia Tenggara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES