Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Umat

Rohisti STIKOM-IPNU Banyuwangi Gelar Festival Al-Banjari Jawa-Bali

Kamis, 27 April 2017 - 22:15 | 63.91k
Kegiatan keagamaan UKM Rohisti di Aula Stikom Banyuwangi. (Foto: Ahmad/TIMES Indonesia)
Kegiatan keagamaan UKM Rohisti di Aula Stikom Banyuwangi. (Foto: Ahmad/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Umat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rohani Islam Stikom (Rohisti) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Banyuwangi menggelar Festival Al-Banjari yang diikuti peserta se Jawa dan Bali.

Rohisti sendiri merupakan wadah kegiatan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Stikom) PGRI Banyuwangi, yang fokus pada kegiatan kerohanian Islam.

Kepada TIMES Indonesia, Ketua Rohisti Miftah Alvian Firdaus mengatakan setelah pendaftaran ditutup 22 April lalu, telah terdaftar 33 grup peserta yang akan berkompetisi. Pendaftaran sebelumnya dikenakan biaya Rp 150 ribu per grup.

"Peserta yang mendaftar dari Jember, Probolinggo, Situbondo, Sidoarjo, dan lain-lain," kata Vian, sapaan Miftah Alvian Firdaus, Kamis (27/4/2017).

Perlombaan akan dilaksanakan hari Minggu (30/4/2017) dalam dua sesi, yakni sesi penyisihan dan sesi final yang diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari.

"Perlombaan 1 group terdiri maksimal 10 orang. Dalam babak penyisihan peserta diberikan kewenangan membawakan lantunan shalawat apa saja dengan durasi sampai tujuh menit. Di sesi final, peserta di tuntut membawakan lagu 'Sholatum' dan sholawat bebas dalam waktu 10 menit," jelas Alvian.

Sementara itu, Ketua PC Ipnu Banyuwangi, Yahya Muzakki mengatakan, pembacaan sholawat mampu menjadi perantara menjadi dikabulkannya segala hajat yang diminta kepada Allah SWT.

"Pada pasalnya seluruh amal ibadah itu, entah apapun, Allah yang memerintahkan amalan tersebut kepada makhluknya. Sedangkan dalam masalah membaca shalawat, sebelum memerintahkan kepada malaikat dan makhluk-Nya, Allah sendiri mengawali membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW," kata Yahya, .

Ditambahkannya shalawat ini dapat menghapuskan segala dosa-dosa. Maka menurut Yahya, Festival Al-Banjari ini sangat baik digelar dan diikuti kalangan pelajar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES