Ekonomi

UMI Diharapkan Mampu Memanfaatkan UKM dan IKM

Kamis, 27 April 2017 - 19:19 | 24.27k
Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. (Foto: Imadudin/TIMES Indonesia)
Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. (Foto: Imadudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengharapkan koperasi bisa memanfaatkan peluang adanya kredit Ultra Mikro (UMI). 

Puspayoga mengatakan UMI ini nantinya, akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi, baik secara untuk koperasi, UKM dan IKM. Puspayoga mengatakan kredit ini akan memberikan pinjaman  dibawah Rp 10 juta tanpa agunan. 

Ia menyatakan ini tentu akan memudahkan UKM dan IKM dalam melakukan pinjaman, kerena program ini akan diterapkan di koperasi dan lembaga keuangan non bank yang tersebar di Indonesia. 

"Rencanya Mei akan selesai, karena saat ini masih awal dan masih akan dikaji lagi tentang jumlah pengusaha yang akan ditarik dalam program ini," katanya saat ditemui di Malang City Expo, Kamis (27/4/2017). 

Menteri-Koperasi-dan-UKM-Anak-Agung-Gede-Ngurah-Puspayoga-24oRfi.jpgMenteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. (Foto: Imadudin/TIMES Indonesia)

Selain itu, Prayoga juga berharap UMI ini mampu melengkapi penyaluran kredit bersubsidi lainnya, seperti kredit usaha rakyat atau (KUR) yang saat ini penyalurannya akan ditingkatkan dan lebih fokus untuk menyasar sektor produktif.

“Keduanya merupakan prrgram unggulan pemerintah agar ada keadilan dan ada pemerataan dalam pertumbuham ekonomi khususnya bagi pengusaha kecil,” katanya. 

Lebih lanjut, Prayoga menjelaskan suku bunga kredit UMI di rencanakan relatif rendah hanya 4,5 persen dengan jangka waktu lebih pendek atau sekitar enam bulan. Sedangkan, KUR akan diupayakan diturunkan menjadi 7 persen.

Dalam kesempatan ini, Prayoga juga berharap Kota Malang dapat menjadi kota yang terus memajukan UKM serta usaha koperasinya. Karena, Kota Malang yang fikenal sebagai kota pendidikan ini terdapat banyak potensi yang dapat digali lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES