Indonesia Positif Ketahanan Informasi Kamtibmas

Peduli Kesehatan Koramil 02 Bonang Bantu Giat SMD dan MMD

Kamis, 27 April 2017 - 19:35 | 81.90k
Batuud dan Babinsa Koramil 02/Bonang saat pada menghadiri kegiatan Surveri Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Jati Mulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Kamis (27/4/2017) (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
Batuud dan Babinsa Koramil 02/Bonang saat pada menghadiri kegiatan Surveri Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Jati Mulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Kamis (27/4/2017) (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Kamtibmas

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Batuud dan Babinsa Koramil 02/Bonang pada Kamis (27/4/2017) menghadiri kegiatan Surveri Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Jati Mulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.

Kepala Desa Jati Mulyo membuka acara berharap agar kegiatan SMD MMD tidak hanya sekadar rencana, tetapi perlu dilakukan tindakan agar tujuan dapat dicapai. SMD sendiri bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan atau potensi yang ada di desa. 

Hasil SMD berupa masalah kesehatan dan faktor risiko baik itu lingkungan maupun perilaku yang didokumentasikan dalam bentuk mapping (peta) dan dilaksanakan setiap tahun. 

koramil-bonang1bo2EY.jpg

Sedangkan MMD adalah tindak lanjut kegiatan SMD, yang bertujuan untuk menentukan prioritsas masalah, pemecahan masalah, dan kesepakatan tindak lanjut dengan memanfaatkan potensi yang ada. 

SMD tahun 2017 ini dipimpin oleh Sri Muryani, Bidan dari Puskesmas Bonang 2. SMD kali ini di dapatkan hasil antara lain masih adanya Pasangan Usia Subur (PUS) yang tidak ber-KB, namun tidak ingin mempunyai anak lagi.

Selain itu  angka KTD (Kelahiran Tidak Diinginkan) masih tinggi, serta masih banyak ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di atas usia kandungan 3 bulan. 

Hadir dalam acara tersebut Kapolsek AKP Dafril, Danramil diwakili Batuud Serma Siswoyono, Muji Rahayu Kasi Kesra Kecamatan Bonang, Sri Muryani Bidan koordinator dari Puskesmas Bonang 2, Babinsa Desa Jatimulyo, Kepala Desa, Sekretaris Desa dan perangkat Desa Jatimulyo serta Ibu PKK Desa Jatimulyo.

Tujuan kegiatan tersebut untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan yang sedang terajadi, penyebab permasalahan dan potensi permasalahan yang ada di desa, serta cara penyelesaianya, acara tersebut di selenggarakan oleh Puskesmas Bonang 2 yang diikuti kurang lebih 30 orang peserta.

Sesudah ditemukan masalah tersebut, peserta yang hadir dibuat dua kelompok untuk mendiskusikan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah yang ada.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES