Pendidikan

Mendikbud: Tahun Ajaran Baru, Reformasi Pendidikan Dimulai

Kamis, 27 April 2017 - 14:14 | 39.28k
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: TIMES Indonesia)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menegaskan jika reformasi pendidikan akan segera dijalankan mulai tahun ajaran baru 2017-2018 mendatang.

"Mulai tahun ajaran baru nanti, guru-guru harus delapan jam berada di sekolah," ucapnya saat membuka Pameran Pendidikan dan Peluncuran Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (27/4/2017).

Menurut Mendikbud, nantinya kegiatan belajar mengajar di sekolah harus diselenggarakan minimum delapan jam dalam sehari namun ditiadakan pada Sabtu dan Minggu.

Dengan begitu, pada Sabtu dan Minggu sekolah tidak boleh menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar namun tetap boleh menjalankan kegiatan-kegiatan tambahan seperti ekstrakurikuler, pramuka atau latihan kepemimpinan.

"Silakan. Tetapi prinsipnya, hari Sabtu dan Minggu bukan merupakan jam dinas dari sekolah," sambungnya.

Mendikbud berharap perubahan ini tidak disalahtafsirkan seolah-olah anak-anak harus berada di kelas terus menerus selama delapan jam atau penambahan mata pelajaran. Bahkan, ia inginmata pelajaran SD dan SMP dikurangi, tetapi jumlah kegiatannya semakin banyak.

Ia menambahkan jika guru dituntut kreatif mengembangkan metode pengembangan aktivitas, minat dan semangat murid untuk belajar. Ia meyakini jika guru dan kepala sekolah kreatif, maka siswa akan betah delapan jam di sekolah.

"Jadi, sekolah harus dibikin luwes, fleksibel, tidak boleh kaku, pelajaran juga tidak boleh terjadwal secara kaku karena yang terpenting sesuai dengan kebutuhan atau tujuan yang dicapai di dalam proses belajar mengajar itu," lanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES