Wisata

Menilik Warisan Nusantara di Danar Hadi Solo

Kamis, 27 April 2017 - 07:35 | 38.49k
Museum Batik Kuno Danar Hadi. (Foto: Wisata Yogyakarta)
Museum Batik Kuno Danar Hadi. (Foto: Wisata Yogyakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu warisan Nusantara yang paling tersohor adalah batik. Batik sendiri sebenarnya ada di tiap pulau di Indonesia. Dengan ciri khas nya sendiri, batik di Indonesia makin kaya ragam. 

Diantara batik yang ada di Tanah Air, batik dari Jawa lah yang paling dikenal. Nah Di Solo ada museum batik kuno Danar Hadi yang dapat dijadikan tujuan wisata Anda dan keluarga. 

Museum Batik Kuno Danar Hadi merupakan sebuah museum batik terbaik dan memiliki koleksi terlengkap di seluruh dunia. Museum ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi 261 Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Indonesia. 

Museum yang didirikan oleh Haji Santosa Doellah ini sebelumnya telah memiliki sebuah usaha batik bernama Batik Danarhadi yang sudah mengumpulkan batik dari seluruh penjuru Indonesia.

Ada 600 lembar kain batik yanh dipamerkan di museum ini. Kain batik itu sebelumnya telah dikumpulkan oleh pemilik museum ini yang diletakkan di bagian depan museum. 

Seperti namanya, museum ini menawarkan wisata seni batik yang berhasil dikumpulkan oleh pemiliknya dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, museum ini juga memamerkan koleksi spesial dengan motif unik yang dibuat dari cerita rakyat atau legenda. 

Salah satunya adalah batik Snow White yang menceritakan kisah tentang Snow White. Batik ini didesain oleh seorang wanita berdarah Indo-Belanda pada pertengahan abad ke-19.

Selain digunakan sebagai museum, Museum Batik Kuno Danar Hadi juga memiliki sebuah pabrik pembuatan batik yang terletak di bagian belakang museum. Museum ini juga menyediakan paket workshop pembuatan batik tulis satu warna selama lima hari.

Di museum ini juga menyediakan tempat bagi Anda yang ingin mendapatkan produk-produk batik yang dihasilkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES