Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Praktikum Lapangan, Mahasiswa Biologi Unisma Terjun ke Laut

Rabu, 26 April 2017 - 13:01 | 86.33k
Mahasiswa Biologi Unisma menggelar praktikum lapangan di Bangsring underwater Banyuwangi (23/04/2017). (Foto: Unisma)
Mahasiswa Biologi Unisma menggelar praktikum lapangan di Bangsring underwater Banyuwangi (23/04/2017). (Foto: Unisma)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mahasiswa Biologi Unisma menggelar praktikum lapangan dengan mata kuliah Taksonomi Invertebrata (TI) dan Taksonomi Tumbuhan I (TT I) di bangsring underwater Banyuwangi (23/04/2017). 

72 mahasiswa didampingi oleh 2 orang Dosen, Dr. Nour Athiroh AS., S.Si, M.Kes dan Hasan Zayadi,S.Si., M.Si. Serta 5 asisten, 3 asisten dari TI Argus, S.Si, Qomariah dan Mifta,  2 asisten dari TT , Ihsan, S.Si dan Khoirulloh S.Si. 

unismanyar1mSeA7.jpg

Praktikum lapang merupakan salah satu bentuk emplementasi secara teoretis. Praktikum Lapang juga merupakan salah satu kegiatan proses belajar mengajar yang mempunyai tujuan untuk menambah kompetensi mahasiswa secara langsung. Serta memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang kondisi alam yang sebenarnya.

Mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi di bangku kuliah saja, tapi mereka bisa mendapatkan ilmu secara teoritis keadaan di lapangan.

unismanyarjQOCs.jpg

Menurut salah satu pendamping praktikum lapangan kegiatan bisa langsung menyesuaikan dengan kondisi alam karena di lakukan di pantai. Mahasiswa harus terjun ke pantai untuk mengamati biota laut secara langsung ketika air sudah surut.

Beberapa alat penunjang praktikum yang harus dikenakan oleh mahasiswa dalam pengamatan ini juga bukan peralatan ala kadarnya. Semua kelompok harus mempunyai alat snorkel dan alat pelampung minimal 2 serta kamera underwater untuk mendokumentasikan biota laut .

unisma-nyar3IGpJk.jpg

Dipandu oleh guide Pantai Basring, mahasiswa diajak mengunjungi tempat konservasi terumbu karang. 

unismanyar4YVF3E.jpg

Iqbal salah satu praktikan yang berasal dari Pulau Kangean Sumenep mengatakan bahwa kepedulian masyarakat sekitar tempat tinggalnya masih sangat minim. Setelah kegiatan ini dia ingin memberikan informasi agar masyarakat sekitarnya lebih peduli pada biota laut dengan cara konservasi terumbu karang dan alga. 

"Saat ini saya sudah lebih paham apa itu terumbu karang dan anemon, yang teryata adalah bagian dari biota laut yang harus kita jaga bersama keberlangsungannya" ungkapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES