Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

OLYQ 3 Internasional Ajang Asah Bakat Siswa

Rabu, 26 April 2017 - 12:05 | 100.19k
Suasana pembukaan acara OLYQ 3, di Stadion Olah Raga (SOR) Archamanik Bandung, Rabu (26/4/2017) (Foto: MIM PENA fot TIMES Indonesia)
Suasana pembukaan acara OLYQ 3, di Stadion Olah Raga (SOR) Archamanik Bandung, Rabu (26/4/2017) (Foto: MIM PENA fot TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Penaruban (MIM PENA) Purbalingga, Jawa Tengah, kembali mengikuti lomba Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) di Olympiade Quran 3 (OLYQ 3), pada hari Rabu hingga Kamis (26-27/4/2017) di Bandung.

OLYQ 3 atau The International Olimpiade Quran, Science and Art adalah program bersama sekolah-sekolah Muhammadiyah dan sekolah-sekolah tingkat dasar dan menengah di Asia Tenggara. Kegiatan ini digelar dalam rangka mengapresiasi bakat dan minat para peserta didik dalam bidang keagamaan dan ilmu pengetahuan umum dalam bentuk kompetisi dan silaturrahim.

Kepala MIM PENA, Siti Nurlaely mengatakan bahwa, setiap tahun MIM PENA ikut dalam perlombaan Olyq. Baik untuk tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional. 

Di tahun 2017 ini MIM PENA mengikut sertakan enam hafidz dan hafidzah. “Alhamdulillah dari tahun ketahun pesertanya bertambah. Pada OLYQ pertama di Cilacap, ikut dua anak dan dapat satu medali perunggu. Lalu OLYQ kedua di Jakarta ikut empat anak, meraih satu emas dua perak. Dan OLYQ ketiga di Bandung ini ikut enam anak,” ucap siti,  Rabu (26/4/2017).

ajp-mim1hJg6.jpg

Ia juga menjelaskan bahwa, sebelum mereka berenam mengikuti OLYQ 3 di Stadion Olah Raga (SOR) Archamanik, Bandung. Mereka ikut seleksi terlebih dahulu di tingkat Kabupaten pada bulan Desember 2016 silam.

“Untuk tahun 2017 ini, MIM PENA ikut satu jenis lomba, yaitu lomba hifzdil Quran. Tiga anak untuk kelas 1 – 2, dan tiga anak lagi untuk kelas 1 – 3,” tambah Siti. 

Dengan ikut sertanya MIM PENA pada acara tersebut, lanjut Siti, bakat dan bentuk apresiasi untuk peserta didik dari sekolah Muhammadiyah bisa tersalurkan. Selain itu dapat menjalin silaturahmi dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah di seluruh Indonesia dan Malaysia.

“Bismillah, kontingen OLYQ ke 3 MIM PENA dan JPSM Purbalingga, di Antapani Bandung, semoga berjalan lancar, sehat selalu, selamat dan pulang membawa Prestasi gemilang,” harap Siti.

ajp-mim22c9qY.jpg

Sebagai informasi, sebelumnya pada hari Selasa (25/4/2017) Ketua PDM Purbalingga, H Ali Sudarmo melepas 180 peserta OLYQ3. Yang  terdiri dari 14 Sekolah dan Madrasah SD/MIM/MTs/SMP/SMA/SMK di lingkungan Muhammadiyah se-Kabupaten Purbalingga.

Adapun jenis-jenis perlombaa pada OLYQ3 adalah, Lomba Kaligrafi, Adzan, Lagu Islami, Panahan, Pidato, Pidato Bahasa Arab, Robotik, Roket Air, Toys Design, Inovasi Teknologi, Pembelajaran Web Sekolah, Kepala Sekolah Cemerlang, Prospektus Sekolah dan Majalah Sekolah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES